Amman (ANTARA) - Direktur Pengembangan dan Pelatihan Kelembagaan Kantor Berita Yordania Petra, Jamil Ghadaireg al-Bawamawi, mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-5 Media Dunia atau World Media Summit (WMS) menghadirkan "peluang emas" untuk mencapai jalan terbaik dalam menggunakan media digital.

Di tengah akselerasi revolusi media dan telekomunikasi, media, khususnya media sosial, memiliki peran besar untuk dimainkan dan dampak terhadap berbagai keputusan global, kata Al-Baramawi kepada Xinhua.

Al-Baramawi meyakini bahwa revolusi tersebut harus dimanfaatkan untuk mencapai pemulihan hubungan antara masyarakat dan peradaban serta masa depan dunia.

"KTT ini akan memungkinkan pertukaran pengalaman sukses dalam menggunakan teknologi emerging untuk melawan rumor dan informasi yang keliru, serta menyampaikan kebenaran kepada masyarakat," kata Al-Baramawi.

Dia mengambahkan KTT terseut selama beberapa tahun terakhir memang telah membantu dan mendorong outlet media untuk berbagi praktik terbaik serta keahlian mereka.

Mengenai peningkatan kerja sama media, Al-Baramawi mengungkapkan bahwa KTT ke-5 Media Dunia memainkan peran penting dalam menyatukan berbagai sudut pandang yang berbeda.

"Mengingat kondisi global saat ini, outlet media harus bersatu serta memahami masalah maupun tantangan yang mereka alami dan bersama-sama mencari solusi yang dapat membantu umat manusia," jelasnya.

KTT tersebut akan mencapai kesuksesan besar yang dibangun di atas kesuksesan sebelumnya dalam membantu meningkatkan koordinasi di antara berbagai outlet media, ungkap Al-Baramawi.

Soal kantor berita Pemerintah Yordania, Al-Baramawi mengatakan Petra bangga atas kemitraannya dengan semua kantor berita, baik di tingkat Arab maupun global.

"Kerja sama antara Petra dan Xinhua akan memperkuat hubungan bilateral keduanya dan memfasilitasi pertukaran berita," ujarnya.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023