Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut Israel menjalankan langkah-langkah penting untuk melindungi warga sipil, ketika mereka melanjutkan serangannya ke Gaza selatan.

Menyebut pembantaian ribuan warga Palestina di Gaza sebagai sesuatu yang menyedihkan, Blinken menyatakan telah menegaskan kepada Israel bahwa mereka tidak bisa mengulangi apa yang terjadi di Gaza utara--dengan banyaknya kerugian yang dialami warga sipil.

Dia juga menekankan bahwa bantuan kemanusiaan harus sampai kepada warga Gaza yang sangat membutuhkan makanan, air, dan tempat berlindung.

"Jadi yang kami lihat adalah wilayah yang jelas-jelas ditetapkan oleh Israel sebagai wilayah aman di mana tidak akan terjadi penembakan, atau militer. Kami telah melihat upaya untuk memastikan bahwa masyarakat tahu bahwa mereka perlu pindah-- dan ini tidak di seluruh kota, tetapi hanya di lingkungan tertentu. Jadi ini (perkembangan) positif," kata Blinken dalam wawancara dengan CNN, Rabu (6/12).
Baca juga: Senat AS gagalkan RUU terkait bantuan keamanan bagi Ukraina dan Israel

Menurut Blinken, Israel perlu memastikan bahwa masyarakat memiliki koridor yang aman untuk pergi dari daerah yang mungkin berbahaya ke tempat-tempat di mana mereka akan aman.

Daerah yang menjadi tujuan mereka harus memiliki sumber daya, makanan, air, dan obat-obatan yang tepat, kata Blinken.

“Jadi ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Kami melakukan hal ini bersama mereka (Israel) setiap hari,” ujar dia.
Baca juga: AS nyatakan lagi penentangan atas pendudukan kembali Israel di Gaza

Israel melanjutkan serangan militernya di Jalur Gaza pada 1 Desember, setelah berakhirnya sepekan jeda kemanusiaan yang disepakati dengan kelompok pejuang Palestina, Hamas.

Sedikitnya 16.248 warga Palestina tewas dan lebih dari 43.616 orang terluka akibat serangan Israel di Gaza, yang dilancarkan untuk membalas serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober 2023.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut angka resmi pemerintah.

Baca juga: Israel tak mau libatkan Otoritas Palestina dalam Gaza pasca perang
Baca juga: Korban terus berjatuhan di Gaza, AS tetap pasok senjata ke Israel
Baca juga: Situasi terkini di Gaza, Israel abaikan desakan dunia
Baca juga: AS desak Israel tingkatkan jumlah bantuan ke Gaza


Sumber: Anadolu

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023