"Nyawa seluruh anak Indonesia sama berharganya dan satu korban kekerasan saja sudah terlalu banyak. Kita semua punya tanggung jawab untuk melindungi anak-anak kita,"
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengingatkan para orang tua untuk menerapkan pengasuhan berbasis hak anak sebagai upaya memenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang berkelanjutan demi kepentingan terbaik bagi anak.

"Kami berharap kematian ini menjadi pelajaran bagi semua orang untuk bersama-sama menjaga anak-anak kita agar terhindar dari kejadian serupa," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar di Jakarta, Kamis, menanggapi kasus pembunuhan empat anak yang diduga dilakukan oleh ayah kandungnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Orang tua diharapkan memiliki kesiapan dalam memenuhi hak anak dan memberikan pengasuhan yang layak bagi anak.

"Nyawa seluruh anak Indonesia sama berharganya dan satu korban kekerasan saja sudah terlalu banyak. Kita semua punya tanggung jawab untuk melindungi anak-anak kita," kata Nahar.

Kasus pembunuhan ini terungkap berawal dari kecurigaan warga sekitar yang menghirup aroma tidak sedap di sekitar rumah kontrakan yang dihuni pelaku dan keluarganya.

Warga pun melapor ke polisi. Selanjutnya empat korban yang semuanya anak-anak ditemukan meninggal di salah satu kamar di rumah kontrakan, diduga dibunuh sang ayah yang berinisial P.

P juga ada di rumah tersebut, dengan tangan terluka dan berdarah serta terdapat pisau di tubuhnya.

Kasus dugaan pembunuhan ini kemudian ditangani oleh Polres Jakarta Selatan dan status penanganan-nya naik dari penyelidikan ke penyidikan.

Sebelum terjadinya pembunuhan, pada Sabtu (2/12), P dilaporkan ke Polsek Jagakarsa atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) lantaran menganiaya istrinya inisial D.

Namun, pemeriksaan belum dilakukan karena korban, yakni D dilarikan ke rumah sakit dan P beralasan sedang mengasuh keempat anaknya di rumah.
Baca juga: KPPPA sosialisasi peran ibu-ayah dalam pengasuhan berbasis hak anak
Baca juga: Menteri PPPA: Ibu garda terdepan dalam pengasuhan berbasis hak anak
Baca juga: KPPPA: Pendidikan asrama harus terapkan pengasuhan berbasis hak anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023