Jakarta (ANTARA) - Tim pelajar atletik Indonesia menunjukkan prestasi dalam 15th SEA Youth Athletics Championships 2023 yang diadakan di National Athletics Centre, Pathum Thani, Thailand, dengan meraih dua medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Pada hari pertama pertandingan, Kamis (7/12), atlet lompat galah Maria Adriani Melabesy dan atlet lempar lembing Achmad Zaenuri meraih masing-masing satu medali emas.

Raihan medali selanjutnya dipersembahkan oleh atlet 110m lari gawang Brian Bagas Swara dan atlet lompat jauh Katyea Febri Safitri, masing-masing menyumbang satu medali perak.

Perlombaan atletik hari pertama ditutup dengan satu medali perunggu dari Risky Fahmi Ardiansyah.

Manager tim pelajar atletik Indonesia Rumini mengatakan bahwa persiapan atlet sudah dilakukan cukup lama yaitu sejak diselenggarakan kejuaraan-kejuaraan PB PASI, POPNAS, Kejurnas PPLP se-Indonesia, sehingga pemilihan atlet pun sudah sangat dipersiapkan.

"Untuk target dalam kompetisi ini adalah sebanyak empat medali emas, semoga di hari berikutnya masih bisa mendulang medali emas kembali sesuai target bahkan diharapkan melampaui target," ujar Rumini dikutip dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Jumat.

"Bekal di hari berikutnya dalam kompetisi, ada beberapa nomor pertandingan andalan yang belum dilaksanakan. Semoga besok kita akan kembali mencapai target."

Baca juga: PP Pordasi kirim tiga rider equestrian bersaing di SEA Youth Cup 2023

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora mengirim tim pelajar atletik Indonesia sebanyak 35 atlet yang terdiri dari 20 putra dan 15 putri.

Mereka akan mengikuti 31 nomor untuk putra dan 37 nomor untuk putri yang dipertandingkan dalam 15th SEA Youth Championships 2023 yang akan berlangsung mulai 6-10 Desember.

Baca juga: Indonesia raih empat emas di Wounded Homeland Games 2023
Baca juga: Saptoyogo targetkan perbaikan catatan waktu di WAG 2023 Thailand

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023