Kita akan melaksanakan bakti kesehatan
Ternate (ANTARA) - Markas Besar TNI Angkatan Laut menyiapkan KRI dr Wahidin Sudirohusodo di Maluku Utara, untuk pengobatan kesehatan gratis selama penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan yang  dihelat pada 10 - 13 Desember 2023.

"Kita akan melaksanakan bakti kesehatan, seperti pemeriksaan umum dan gigi serta gelar donor darah akan berlangsung selama iven nasional itu," ujar Perwira Staf Potensi Maritim Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ternate, Mayor Laut (PM) Sri Yono usai memantau kedatangan kapal rumah sakit terapung TNI AL itu di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Jumat.

Ada sembilan kapal yang disiapkan dari Mabes TNI AL, satu di antaranya adalah KRI dr Wahidin Sudirohusodo yang melaksanakan bakti kesehatan gratis di Pelabuhan Trikora, Kota Tidore Kepulauan.

Baca juga: KSOP Ternate buka pelayaran 24 jam untuk Hari Nusantara
Baca juga: Pelni sediakan akomodasi terapung gratis dukung Hari Nusantara 2023


Dia mengatakan, selain KRI dr Wahidin Sudirohusodo juga ada kapal KRI Dewaruci yang membawa para Taruna TNI AL

"Sore tadi kedatangan pertama KRI dr Wahidin Sudirohusodo disusul delapan kapal TNI AL lainnya, kapal-kapal itu nantinya berada di sini hingga 14 Desember baru meninggalkan Provinsi Maluku Utara," katanya.

Sri Yono menyatakan, Hari Nusantara 2023 yang dihelat di Kota Tidore Kepulauan itu, akan dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 yang diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara, di Kota Tidore Kepulauan itu, bakal dibuka langsung Oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri para tamu negara lainnya.

Kegiatan nasional itu mengusung tema "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah.

Baca juga: Jubir Kemenhub ungkap alasan Tidore menjadi lokasi Hari Nusantara 2023
Baca juga: Kemenhub pastikan kesiapan bandara dukung peringatan Hari Nusantara
Baca juga: Menhub: peringatan Hari Nusantara momentum mengingat Deklarasi Djuanda

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023