Tujuan pameran ini sebagai sarana untuk memamerkan dan mempromosikan produk unggulan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah .....
Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya mempromosikan produk unggulan  usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), salah satunya melalui Pameran Produk Unggulan Sulawesi Tengah.
 
"Tujuan pameran ini sebagai sarana untuk memamerkan dan mempromosikan produk unggulan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah kepada masyarakat luas," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pengembangan Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng (Disperindag) Mira Yuliastuti di Palu, Jumat.
 
Ia mengatakan pameran yang diselenggarakan oleh Disperindag Sulteng tersebut merupakan wujud nyata dukungan pemerintah terhadap produk lokal dan para pelaku usaha.

Baca juga: Kemenperin dukung penyelenggaraan pameran produk unggulan IPEMI
 
Pameran itu dilaksanakan sebagai ajang promosi sekaligus upaya meningkatkan pemasaran berbagai produk unggulan lokal Provinsi Sulteng yang selama ini memiliki potensi untuk bersaing di pasar nasional.
 
"Kami menyiapkan beberapa produk unggulan seperti kain tenun, kerajinan tangan, dan kuliner khas Sulawesi Tengah. Semoga melalui  pameran ini, masyarakat dapat lebih mengenal produk UMKM dari daerah kita," kata Mira.
 
Sebanyak 30 pelaku usaha dilibatkan dalam pameran tersebut yang terdiri dari 21 UMKM dari Kota Palu, tujuh UMKM dari Kabupaten Sigi, dan masing-masing satu UMKM dari Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, dan Toli-toli.
 
Pameran Produk Unggulan Sulawesi itu berlangsung selama dua hari, 8-9 Desember, di Halaman UPT Produk Industri Pangan dan Kerajinan Disperindag Sulteng, Kota Palu.
 
Pelaku UMKM memamerkan produk unggulan khas Sulteng pada Pameran Produksi Unggulan Sulawesi Tengah di Kota Palu, Jumat (8/12/2023). ANTARA/Nur Amalia Amir/am.


Baca juga: Wali Kota Surabaya dorong produk UMKM tembus pasar Internasional
 
Sementara itu, mewakili Gubernur Sulteng, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Fahrudin Yambas menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pameran sebagai manifestasi dari visi 'Gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju'.
 
"Pemeran ini sebagai karpet merah yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mempromosikan berbagai produknya kepada masyarakat," ujar dia.
 
Melalui pameran tersebut, kata dia, masyarakat dapat mengetahui dan membeli berbagai produk unggulan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah sehingga dapat semakin menggerakkan roda perekonomian di daerah itu.
 
Ia berharap pelaksanaan pameran produk unggulan dapat berdampak baik pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023