Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam kunjungan kerjanya di Papua, Jumat, menyatakan komitmen untuk bersama-sama mengawal Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

"Di mana-mana TNI Polri selalu mengawal, menyerukan dan menyaksikan bersama masyarakat serta KPU, Bawaslu menyelenggarakan komitmen pemilu damai,” kata Sigit dalam keterangannya diterima di Jakarta.

Jenderal polisi bintang empat itu menekankan TNI dan Polri bersama seluruh pemandu kepentingan terkait memiliki tugas mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berjalan damai, aman dan lancar.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun menegaskan kegiatan deklarasi pemilu damai sangat penting dan harus terus digelorakan.

Baca juga: Kapolri ajak semua pihak gelorakan pemilu damai di Tanah Papua

Menurut Kapolri, perbedaan dalam pesta demokrasi adalah hal yang lumrah, seluruh masyarakat bebas menentukan pilihannya.

Namun, Sigit menegaskan dalam Pemilu 2024, semua pihak harus mengutamakan, mengawal serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sehingga ke depan apa yang menjadi tujuan nasional dan cita-cita bangsa semuanya bisa berjalan aman, lancar dan sesuai harapan rakyat," ujarnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada kesempatan itu menyampaikan harapan yang sama, yakni ingin Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Papua.

Untuk itu, TNI akan berkolaborasi dengan Polri dan pemangku kepentingan terkait mewujudkan hal tersebut.

"Kita berharap pelaksanaan pemilu di Papua dan daerah lainnya berjalan lancar. Kita akan bantu dari distribusi sampai pengamanan di TPS. Tentunya kita berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu dan KPU yang ada di wilayah," ujarnya.

Baca juga: Panglima: TNI siap bantu distribusi logistik pemilu di Tanah Papua

Dalam kunjungan kerja ke Papua, Kapolri dan Panglima meninjau pelaksanaan bakti kesehatan dan penyerahan bantuan sosial dari TNI-Polri kepada seluruh masyarakat.

Selain itu menyaksikan deklarasi pemilu damai bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, warga dan penyelenggara pemilu di wilayah Papua, Kapolri dan Panglima juga memberikan pengarahan kepada jajaran terkait situasi kamtibmas di Papua.

Bakti kesehatan dilaksanakan di Lapangan Lantamal X Jayapura dengan target pengobatan sebanyak 1.000 orang. Sementara kegiatan bakti sosial akan diserahkan 1.000 paket sembako kepada masyarakat.

Panglima dan Kapolri juga menyempatkan berinteraksi langsung kepada masyarakat yang mengikuti bakti kesehatan.

Baca juga: Kapolri pastikan pemerintah hadir dalam penanggulangan bencana
Baca juga: TNI-Polri manfaatkan teknologi dalam operasi keamanan di Papua


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023