Batam (ANTARA News) - Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menandatangani kerjasama Pemanfaatan dan Penggunaan Aset Pada Penyelenggaraan Jalan Nasional di Wilayah Pulau Batam, Rempang, Galang (Barelang) dalam jangka dua tahun di Gedung Bina Marga, Jakarta Selatan, Kamis.

Direktur Pelayanan Terpadu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, mengatakan penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto dan Deputi Bidang Pelayanan Jasa BP Batam, Fitrah Kamaruddin Djafar dan disaksikan sejumlah pejabat dari Kementerian PU dan BP Batam.

"Dalam kerjasama tersebut dijelaskan tentang peran Kementerian PU sebagai pihak yang berwenang dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan Jalan Nasional di Indonesia, sedangkan BP Batam memiliki tugas dan wewenang untuk melaksanakan pengelolaan pengembangan dan pembangunan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam," kata dia.

Ia mengatakan, tujuan dari penandatanganan MoU tersebut selain sebagai pemanfaatan dan penggunaan aset pada penyelenggaraan jalan nasional di wilayah Barelang, juga untuk mengembangkan kerjasama dalam penyelenggaraan jalan nasional di wilayah Barelang untuk lebih tertib dan optimalnya pemanfaatan dan penggunaan aset.

"Ruang lingkup MoU ini meliputi penggunaan aset untuk penyelenggaraan jalan Nasional di wilayah Barelang, pertukaran informasi dan koordinasi dalam penggunaan aset, pemanfaatan workshop (gudang), kantor/mess, laboratorium, serta peralatan kerja dan SDM untuk pengoptimalan penggunaan bagi BP Batam," kata dia.

Djoko berharap, kerjasama tersebut juga akan memberikan manfaat berupa akses jalan yang lebih baik pada masyarakat pengguna.

Ia juga mengatakan, pada 2011 BP Batam dan Kementerian PU juga telah menandatangani perjanjian kerjasama tentang Penggunaan Asset, Sarana dan Prasarana, Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Pemeliharaan, Perbaikan dan Pembangunan Jalan Jembatan Barelang Infrastruktur ke-PU-an di wilayah Batam Rempang Galang (Barelang) untuk jangka 2 tahun (28 Juni 2011-27 Juni 2013).

"Sejak dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum telah menempati ruangan di Gedung BP Batam guna memperlancar tata kerja di Barelang," kata Djoko.

Kementerian PU pada 2014 akan memulai pembangunan jalan tol di Batam untuk mempermudah akses industri.

Sementara itu, untuk angkutan kaeyawan, BP Batam juga tengah berencana membangun monorel yang menghubungkan kawasan padat penduduk dengan daerah industri.

Pewarta: Larno
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013