Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menggambarkan kolaborasi antara dirinya bersama calon presiden Ganjar Pranowo seperti peluru tak terkendali untuk melibas dan memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di Indonesia.

Hal itu disampaikan Mahfud saat Orasi Kebangsaan Hari Anti Korupsi Sedunia, di Hotel Grand Preanger, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12). Mahfud mengingatkan bahwa dirinya dan Ganjar mempunyai sifat pemberani sehingga sudah semestinya para koruptor takut terhadap pasangan nomor urut 3 itu.

"Hati-hati bahwa kami adalah peluru tak terkendali untuk melibas dan memberantas korupsi," kata Mahfud dikutip melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Mahfud mengklaim dirinya dan Ganjar memiliki rekam jejak yang bersih dari korupsi. Oleh sebab itu, dia meyakini bahwa para koruptor akan takut terhadap pasangan capres-cawapres itu.

Mahfud juga menegaskan bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 3 itu memegang tiga janji atau prinsip utama antara lain taat pada Tuhan, patuh pada hukum, serta setia pada rakyat.

Bertepatan pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, Mahfud mengajak ratusan relawan di Bandung, yang didominasi generasi Z dan milenial, untuk sama-sama berkomitmen dan terlibat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Kita memperingati hari Antikorupsi Sedunia, mari refleksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Harus lebih cepat dan lebih baik," kata Mahfud.

Pada 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres yang menjadi peserta Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1. Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023