Rumah Sehat Keliling Rabu Biru adalah bentuk nyata program Asta Cita keempat yang diusung pasangan Prabowo-Gibran di bidang kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Relawan Prabowo Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI) meluncurkan dua unit mobil rumah sehat keliling di Jakarta Utara, Minggu.

"Rumah Sehat Keliling Rabu Biru adalah bentuk nyata program Asta Cita keempat yang diusung pasangan Prabowo-Gibran di bidang kesehatan," kata Ketua Umum RBUI Henny Daeng Parani dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Peluncuran itu ditandai dengan pemberian pelayanan dan pemeriksaan kesehatan untuk 100 warga di Kecamatan Cilincing, Koja dan Kelapa Gading. Mobil rumah sehat itu juga menyediakan dokter, tenaga kesehatan dan fasilitas medis.

Baca juga: Prabowo bandingkan Gibran dengan Jenderal Soedirman

Dia menjelaskan, konsep itu diharapkan jadi bagian dari penanganan kesehatan dan program Prabowo-Gibran, yang tidak terpisahkan dari sistem kesehatan pencegahan penyakit maupun penangan stunting.

Relawan RBUI, lanjut dia, juga fokus pada pemberdayaan kesehatan masyarakat, penanganan stunting dari pemeriksaan dan pemberian vitamin, makanan bergizi kepada ibu hamil.

"Kami fokus pada kesehatan preventif, yakni membantu pemerintah dengan penanganan kuratif menjadi preventif," ujarnya.

Terkait pencegahan stunting, RBUI rutin melaksanakan pemeriksaan ibu hamil dari masa kandungan, menghilangkan faktor risiko pada ibu hamil, penambahan gizi bagi ibu hamil dan menyusui serta penguatan gizi anak hingga 1.000 hari kehidupan.

Baca juga: Ganjar: Regulasi yang tidak pro nelayan perlu dikaji ulang

Sementara itu, Penasehat RBUI Roy Maningkas mengatakan rentang dua bulan ke depan, pemeriksaan kesehatan RBUI akan menyasar target 48 titik di sepanjang area Jabodetabek. Warga mana pun boleh memanfaatkan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dari tim medis melalui mobil sehat keliling itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: AMIN soroti dwi kewarganegaraan dan kontribusi diaspora di luar negeri

Pewarta: Fauzi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023