Demak (ANTARA) - Relawan Garda Prabowo 08 memberikan bantuan empat ton beras dan 300 buah tempat tidur untuk warga terdampak banjir di Karanganyar, Kabupaten Demak, Selasa.

"Bantuan ini murni sumbangan dari relawan Garda Prabowo 08 se-Indonesia," kata Koordinator Relawan Garda Prabowo 08 Muhammad Harun saat penyerahan bantuan di Balai Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Selasa.

Baca juga: Kemenhub kirim bantuan kemanusiaan peduli korban banjir Demak

Ia mengungkapkan bantuan diberikan setelah banjir surut sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Menurut dia, hingga saat ini masih banyak warga yang belum bekerja dan beraktivitas. Sedangkan tempat tidur diberikan, karena hampir semua perabot rumah tangga rusak akibat diterjang banjir.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya survei dan mendapat informasi soal kebutuhan warga terkait sembako dan perabot rumah tangga, khususnya tempat tidur yang rusak.

Bantuan yang diberikan itu, imbuh dia, tidak ada unsur politik. Bahkan, seluruh biaya yang dikeluarkan merupakan hasil donasi dari para relawan dari beberapa daerah di Indonesia.

Baca juga: BNPB buka pendaftaran rekonstruksi rumah terdampak bencana alam

Baca juga: TNI diterjunkan untuk bersihkan tumpukan sampah pascabanjir di Demak


"Kami memang bergerak di bidang sosial. Tidak ada unsur politik, karena tujuannya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Camat Karanganyar, Kabupaten Demak Ungguh Prakoso menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk warganya yang terdampak banjir, karena bantuan tersebut sangat dibutuhkan.

Upaya pemulihan, kata dia, juga masih dilakukan oleh Pemkab Demak bersama para relawan.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024