Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka melanjutkan kampanyenya di Jakarta, Senin, dengan agenda blusukan ke Pasar Rumput di Manggarai dan berdialog dengan warga.

Rata-rata pedagang yang ditemui oleh Gibran mengeluhkan harga-harga beberapa komoditas naik menjelang akhir 2023.

"Hampir sama semua pedagang pasar, mengeluhkan harga cabai, gula naik. Ada beberapa pedagang yang enggak dapat suplai Minyak Kita, ya, akhir tahun memang trennya naik, terutama cabai. Makanya, saya tadi borong cabai," kata Gibran selepas blusukan di area Pasar Rumput, Jakarta, Senin.

Di luar gedung utama Pasar Rumput, Gibran mendengar keluhan harga beras yang juga naik dalam beberapa pekan terakhir.

Pedagang meminta kepada Gibran: "Mas turunin harganya."

Gibran menampung masukan dari pedagang beras itu.

Di lokasi yang sama, Gibran juga berhenti di depan pedagang kue subuh yang menjajakan aneka jajanan pasar. Gibran pun memborong kue subuh yang dijajakan oleh pedagang.

Sementara itu, di dalam gedung utama Pasar Rumput, Gibran berkeliling ke area pedagang yang menjual sayur, gula, dan minyak. Beberapa pedagang juga mengadukan harga cabai, gula, dan minyak naik.

Calon wakil presiden nomor urut 2 itu pun memborong gula dan cabai yang dijajakan salah satu pedagang.

Gibran lanjut berkeliling dan berdialog mendengar aspirasi pedagang pasar, yang sebagian besar meminta kepada Gibran untuk memastikan harga barang-barang stabil dan terjangkau jika dia nantinya terpilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Gibran berkeliling area Pasar Rumput selama kurang lebih 1 jam. Dia berjalan kaki dari area luar pasar dan menemui pedagang di depan gedung utama Pasar Rumput.

Di sepanjang kegiatannya berjalan dari area luar pasar menuju ke dalam gedung utama Pasar Rumput, Gibran juga membagikan buku tulis kepada anak-anak dan ibu-ibu yang berkerumun mendekat ke sekitar Gibran.

Beberapa dari warga yang berbelanja dan pedagang pasar juga sempat meminta foto bersama putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu.

Gibran melanjutkan kampanyenya di daerah Kelapa Dua, Depok, sekitar pukul 12.00 WIB. Dia berangkat dari Pasar Rumput pada pukul 11.30 WIB.

Gibran yang saat ini masih aktif sebagai Wali Kota Surakarta mengambil cuti selama berkampanye di Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pemilihan Presiden 2024 sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Baca juga: Gibran disambut Said Aqil saat kunjungi Ponpes Al-Tsaqafah Jakarta
Baca juga: KAMI Gibran DKI sasar pemilih muda dan pemula

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023