Arosuka, Sumbar (ANTARA News) - Pengurus Badan Amil Zakat atau BAZ Kabupaten Solok, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat daerah itu agar lebih awal dalam membayar zakat.

"Pembayaran zakat lebih awal akan memberikan banyak manfaat, sehingga pelaksanaan ibadah Ramadhan lebih optimal, karena kewajiban telah ditunaikan," kata Ketua BAZ Kabupaten Solok Khairi Yusri di Arosuka, Senin.

Dia menjelaskan, dengan membayar zakat lebih awal baik melalui lembaga amil zakat atau disalurkan langsung kepada yang berhak menerimanya akan membuat masyarakat lebih fokus melaksanakan ibadah Ramadhan terutama pada 10 hari terakhir.

Selama ini, budaya yang berkembang di masyarakat yakni membayar zakat tersebut dilakukan pada minggu terakhir Ramadhan, bahkan sangat dekat dengan pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Di samping itu, dengan menunaikan zakat lebih awal akan membuat BAZ sebagai lembaga penyaluran dapat lebih cepat dan mudah menyerahkannya dan dapat dimanfaatkan bagi yang menerimanya untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran.

"Penyaluran zakat lebih awal juga akan memberi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Dalam menyalurkannya, imbuhnya, BAZ juga harus memiliki waktu yang cukup agar pembagiannya tepat sasaran bagi yang benar-benar membutuhkan.

Ia menambahkan, selain menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim, zakat juga turut berkontribusi memberi dampak positif dalam membantu masyarakat yang membutuhkan di bidang ekonomi.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013