Mudah-mudahan tahap kedua ini bisa mencapai Rp2 miliar
Siak, Riau, (ANTARA) - Bupati Siak, Provinsi Riau, Alfedri menyerahkan secara langsung dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina hasil penggalangan tahap pertama
sejumlah Rp1,35 miliar kepada Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia.

"Alhamdulillah kami bersama Ketua Baznas Kabupaten Siak beserta rombongan, menyerahkan secara langsung donasi untuk saudara-saudara kita di Palestina dari masyarakat, pemerintah dan Baznas," kata Alfedri dalam pernyataannya, Senin.

Dana tersebut diterima langsung oleh Pimpinan Baznas RI Bidang Koordinasi Nasional, Achmad Sudrajat di Jakarta. Menurut Alfedri donasi dimulai dari 18 Oktober hingga 10 November 2023.

Alfedri menjelaskan, bantuan tersebut terkumpul berkat adanya semangat Baznas Siak dan Pemerintah Kabupaten Siak serta masyarakat untuk membantu saudara-saudara di Palestina. Bantuan tersebut dimulai dari Infak Jumat dan diikuti penggalangan di setiap acara maupun ajang yang ada di Kabupaten Siak.

Baca juga: Bantuan kemanusiaan Indonesia telah masuk ke wilayah Gaza 
Baca juga: Dompet Dhuafa dirikan dapur darurat salurkan makanan untuk Palestina

Nantinya menurut dia, akan dilanjutkan tahap kedua yang dimulai dari Senin (13/11) hingga akhir November. Ia akan menggerakkan aparatur sipil negara, honorer, hingga ke perangkat kampung (desa) se-Kabupaten Siak.

"Mudah-mudahan tahap kedua ini bisa mencapai Rp2 miliar. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan mampu membantu saudara-saudara kita yang ada di Palestina baik bantuan kemanusiaan dan bantuan perjuangannya," harap Alfedri.

Ketua Baznas RI Bidang Koordinasi Nasional Achmad Sudrajat mengapresiasi dengan diserahkannya langsung Infak Kemanusiaan Palestina dengan jumlah yang luar biasa Rp1,3 milyar. Lanjutnya, dalam pekan ini bantuan tersebut segera dikirim tim Baznas Tanggap Bencana ke Mesir, kemudian melalui Jalur Gaza.

"Insya Allah pengiriman bantuan dari Siak, nanti akan kami berikan tulisan khusus dari Baznas dan Pemerintah Kabupaten Siak", jelasnya.

Baca juga: Pemprov Riau himpun bantuan kemanusian Rp5,5 miliar untuk Palestina
Baca juga: MUI dorong distribusi zakat dukung perjuangan Palestina
Baca juga: UMI Makassar serahkan donasi Rp2 miliar ke Palestina

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023