Seluruh dana sumbangan yang terkumpul di Baznas Riau akan diserahkan ke Baznas Pusat untuk diteruskan ke Palestina
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau menghimpun bantuan kemanusian sebesar Rp5,5 miliar berasal dari ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Riau sebanyak Rp900 juta, Baznas 12 kabupaten dan kota di Riau, organisasi dan perorangan untuk meringankan beban rakyat Palestina.

"Khusus bantuan kemanusian terhimpun dari ASN Pemprov Riau sebesar Rp900 juta itu berasal dari pegawai pada 44 dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau," kata Plt Gubernur Riau, Brigjen TNI (purn), Edy Natar Nasution dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

Baca juga: MER-C: Bantuan kemanusiaan sudah disalurkan ke RS Indonesia

Menurut dia, bantuan kemanusian sebesar Rp5,5 miliar itu dikumpulkan dan diserahkan oleh Plt Gubernur Riau, Brigjen TNI (purn), Edy Natar Nasution didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto kepada Baznas Provinsi Riau.

Ia menyebutkan, dana Rp5,5 miliar donasi kamanusian itu juga sudah termasuk yang dihimpun dalam tablig akbar dan penggalangan dana untuk Palestina bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Riau, Jumat (10/11) malam.

"Seluruh dana sumbangan yang terkumpul di Baznas Riau akan diserahkan ke Baznas Pusat untuk diteruskan ke Palestina," kata Edy.

Baca juga: Blinken akui sudah terlalu banyak warga Palestina terbunuh di Gaza

Ketua Baznas Provinsi Riau, Masriadi Hasan mengatakan, donasi miliaran rupiah itu juga berasal dari masjid, lembaga, ibu-ibu wirid ikut menghimpun dana dengan tujuan meringankan beban saudara di Palestina.

"Namun jumlah ini akan terus bertambah sebab penggalangan dana akan terus berlangsung hingga akhir November 2023," katanya.

Sebelumnya, kata Masriadi Hasan, pada tablig akbar dan penggalangan dana untuk Palestina di Masjid Raya Annur, UAS melepaskan 2 cincin kesayangannya untuk dilelang. 1 cincin berhasil dilelang kepada warga Inhil senilai Rp100 juta. Kemudian, 1 cincin lagi berhasil dilelang kepada warga Dumai Rp150 juta.

Masriadi Hasan menjelaskan, jika ada masyarakat yang ingin berdonasi, infaq atau sedekah dapat disalurkan melalui rransfer ke rekening BRK Syariah 1011105992 a.n. Badan Amil Zakat Provinsi Riau.

"Bagi donatur silahkan mencantumkan angka '10' di akhir nominal transfer. Misalnya Rp1.000.010. Sedangkan konfirmasi sedekah melalui layanan Baznas: 0823 8698 1266," demikian Masriadi. 

Baca juga: Kepada Swedia, Indonesia tegaskan dukungan penuh untuk Palestina
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023