Pulau Untung Jawa memiliki berbagai destinasi wisata menarik ...
Jakarta (ANTARA) - Untung Jawa merupakan pulau yang paling dekat dengan daratan Jakarta. Pada musim-musim tertentu, sampah dari wilayah di Jabodetabek terbawa ke perairan pulau ini melalui 13 aliran sungai di sekitar Jabodetabek.

Pada 23 November 2023, misalnya, sampah kiriman tersebut terkumpul di Pulau Untung Jawa sebanyak hampir 22 ton atau tepatnya 21.984 kilogram.

Sampah terkumpul dari hasil kerja bakti warga Pulau Untung Jawa. Hal itu dilakukan warga demi mendukung Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, menjadi bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Bersih-bersih serentak di Kabupaten Kepulauan Seribu memang sedikit berbeda dengan yang dilaksanakan di wilayah kota. Mereka tidak bersih-bersih pada hari Minggu seperti di kota, karena pada hari tersebut merupakan waktu kedatangan wisatawan. Gotong royong  dilaksanakan pada Jumat.

Seperti pada Jumat (8/12), sebanyak 126 warga mengikuti gotong royong di wilayah RT 03/RW 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Kerja gotong royong itu untuk menumbuhkan kebersamaan masyarakat sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Kerja bakti itu juga tindak lanjut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari.

Kebersihan lingkungan merupakan syarat mutlak bagi kawasan yang banyak dikunjungi  wisatawan, termasuk Pulau Untung Jawa.

Warga menguras saluran agar aliran air menjadi lancar. Sampah-sampahnya diangkat lalu dikumpulkan ke dalam karung goni. Gundukan  sampah lalu diangkut ke tempat pembuangan sementara untuk dipilah antara sampah organik, non-organik, serta bahan beracun dan berbahaya (B3).

Setelah itu, sampah diangkut menggunakan kapal Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu menuju tempat pembuangan akhir.

Sampai saat ini, Kepulauan Seribu tetap menjadi diminati banyak wisatawan. Keberadaannya yang dekat dari daratan serta keindahan alam yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, menjadi daya tarik Kepulauan Seribu.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu mencatat 25.722 wisatawan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kepulauan Seribu pada November 2023.

Salah satu tujuan wisatawan di Kepulauan Seribu adalah Pulau Untung Jawa. Pulau penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada tahun 2021 itu memiliki objek wisata menarik.
 
Selain lokasinya dekat dengan daratan Jakarta, Pulau Untung Jawa memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang dapat dinikmati.

Menurut Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kepulauan Seribu, berikut adalah 13 destinasi wisata yang di Pulau Untung Jawa:

Kampung Jepang
 
Para pengunjung bisa menikmati beraneka ornamen Jepang di wilayah ini. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan Pantai Sakura, membuat Kampung Jepang kerap dipilih untuk menikmati segarnya udara pantai dan berwisata air. Tidak hanya itu, di Kampung Jepang, para pengunjung juga bisa memilih aneka kuliner.
 
Pantai Arsa
 
Berlokasi dekat dengan dermaga utama, Pantai Arsa menjadi pilihan banyak wisatawan karena di lokasi ini mereka bisa menikmati suasana pantai dengan kehadiran gazebo serta berbagai aneka wisata air atau sekadar menikmati sejuknya air laut di bibir pantai.
 
Jembatan Pengantin
 
Lokasi ini menjadi salah satu pilihan wisata yang bisa membawa para pengunjung dekat dengan alam. Di lokasi ini pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang dekat dengan laut dan hutan mangrove serta mengelilingi pohon pengantin.
 
Taman Clownfish
 
Bagi pecinta snorkeling, spot clownfish menjadi daya tarik tersendiri. Di lokasi ini pengunjung bisa melihat lebih dekat clownfish atau yang dikenal ikan nemo yang tengah menari di dekat anemon.
 
Syaifudin Boska, pencetus spot clownfish snorkeling, menyiapkan area spot yang dekat dermaga mangrove ini dengan kedalaman 1,5 metee, agar para wisatawan bisa berswafoto dengan clownfish.

Pantai Amiterdam
 
Lokasinya berdekatan dengan RPTRA Amiterdam dan pengunjung bisa merasakan suasana pantai dengan ditemani rindangnya pohon. Di sini juga ada arena bermain anak yang mudah diakses.

Benteng Martello Pulau Kelor

Awalnya lokasi ini bernama Pulau Keurkof, yang dalam bahasa Belanda artinya adalah pulau makam. Hal ini karena Belanda mengubur para tahanannya di pulau ini. Namun semenjak diambil alih oleh Indonesia, pulau ini diberi nama Pulau Kelor.

Sebagai peninggalan masa kolonial Belanda, pulau ini juga terdapat beberapa bangunan bersejarah, antara lain, galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis pada abad ke-17, yaitu Benteng Martello yang masuk ke dalam bangunan cagar budaya.

Suaka Marga Satwa Pulau Rambut

Pulau yang berdekatan dengan Pulau Untung Jawa ini menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin melihat secara langsung satwa liar. Pengunjung akan dipandu mengenal lebih dekat berbagai satwa yang dilindungi ini.

Tugu Perpindahan Pulau Ubi
 
Tempat ini tanda sejarah perpindahan warga Pulau Ubi yang harus beralih karena mulai terkikis air laut. Pulau Untung Jawa menjadi pilihan warga Pulau Ubi karena berdekatan pada tahun 1954.
 
Laguna Mangrove
 
Bagi pecinta wisata mangrove, lokasi ini bisa menjadi pilihan karena wisatawan bisa menyusuri jalan yang dipenuhi tanaman bakau di pinggir pulau, dengan akses yang mudah.
 
Pantai Sentigi
 
Lokasinya berdekatan dengan kantor Kelurahan Pulau Untung Jawa. Di pantai ini para pengunjung bisa menikmati kolam buatan yang diisi aneka ikan, dengan fasilitas gazebo yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk bersantai.
 
Pantai Sakura
 
Hampir sama dengan pantai yang ada di Pulau Untung Jawa, Pantai Sakura masih menawarkan keindahan pantai yang luas dengan aneka wisata air atau watersport. Di sini  turis bisa memanfaatkan fasilitas swafoto yang disediakan, dengan ditemani kuliner khas pulau.
 
Bumi Perkemahan
 
Bagi wisatawan yang ingin berkemah, lokasi ini bisa menjadi pilihan. Lokasinya yang berdekatan dengan laut menambah kenyamanan pengunjung. Fasilitas pendukung bagi pengunjung juga tersedia, termasuk untuk akses jalan dengan kebutuhan lainnya.

Pulau Onrust
 
Berada di dekat dengan Pulau Untung Jawa, Pulau Onrust menjadi tempat bersejarah bagi kejayaan VOC bersama dengan Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan Pulau Bidadari. Hal ini karena di situ berdiri benteng VOC yang kokoh, kala itu.
 
Ada 29 lokasi yang dapat dinikmati pengunjung di Pulau Onrust, meski mayoritas hanya berupa reruntuhan bangunan dan sisa fondasi yang menjadi saksi sejarah.
 
Akan tetapi, itu semua tidak mengurangi nilai sejarah Pulau Onrust, yang memiliki arti "tidak pernah beristirahat" atau dalam bahasa Inggrisnya adalah unrest. Maklum saja, pada tahun 1615 VOC pertama kali mendirikan sebuah galangan kapal dan sebuah gudang kecil.

Selain sebagai galangan kapal, Pulau Onrust digunakan sebagai pulau pertahanan pada 1618. Sesuai namanya, on rust (dalam pemeliharaan), bangunan di pulau itu tampak mendapat pemeliharaan di berbagai sisi yang rusak akibat perang.











 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023