Jakarta (ANTARA) - Memilih penempatan tato bukanlah tugas yang mudah, setelah menentukan desain apa yang akan Anda beli, lalu harus menentukan di mana mendapatkannya, dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

Ditulis laman Popsugar, Senin (11/12), ahli tato Ghinko dari Blind Reason Tattoo memberikan beberapa tips menentukan tempat di mana desain tato anda akan digambar.

1. Pikirkan ukuran desain

Menurut Ghinko, penempatan tato seringkali ditentukan oleh ukurannya. “Semakin besar tatonya, semakin banyak batasan penempatannya. Semakin kecil tatonya, semakin banyak batasan terhadap detailnya," ujarnya.

Pinggul, tulang rusuk, paha, dan punggung adalah tempat yang populer untuk desain yang lebih besar. Namun Ghinko menambahkan ukuran yang berbeda dapat menyebabkan jenis lengkungan yang berbeda di berbagai bagian tubuh.


2. Seberapa terlihat tato yang Anda inginkan

Ghinko sering meminta kliennya untuk mempertimbangkan seberapa terlihat desain tato yang mereka inginkan kepada orang lain, baik untuk alasan pribadi atau tempat kerja, sebelum merekomendasikan suatu tempat.

“Meski demikian, saya merasa masyarakat kini semakin menyambut baik tato,” katanya.

“Saya pribadi suka memasang tato di tempat yang bisa dilihat oleh klien. Terutama jika itu adalah tato pertama mereka, saya akan mendorong mereka untuk memasangnya di tempat yang bisa mereka lihat setiap hari," katanya.

Jika Anda ingin menyembunyikan tato dengan mudah, pertimbangkan area yang tidak mencolok, seperti tulang rusuk, perut, punggung, pinggul, atau paha atas.


Baca juga: Rapper Post Malone tato leher bergambar Ford F-150 Raptor


3. Pertimbangkan gaya tato

Anda mungkin berpikir bahwa desain gaya apa yang Anda rencanakan tidak penting, namun Ghinko mengatakan itu adalah sesuatu yang dipertimbangkan oleh para profesional. Tato garis halus sedang menjadi tren saat ini dan cocok untuk orang yang lebih menyukai tinta halus tetapi lebih baik dipakai di area tertentu daripada area lain.

“Garis halus cenderung lebih sulit menempel di area dengan pergerakan tinggi dan kulit yang lebih tebal seperti pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan jari,” ujarnya.

Karena alasan itulah banyak pembuat tato memperingatkan klien mereka untuk membuat tato di jari mereka terlihat keren, tetapi memerlukan perbaikan agar tetap terlihat segar saat tinta mulai memudar.


4. Lihatlah cara tato mengalir dengan tubuh
​​​​​​​
Yang membedakan banyak tato dari terlihat bagus dan terlihat sangat bagus adalah jika tato tersebut mengalir secara alami bersama tubuh. Itulah salah satu alasan banyak seniman menyukai tato kecil, di mana tato menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam penempatannya.

Sifat hiasnya bisa melengkapi bagian tubuh mana pun, kata Ghinko.

"Klien saya cenderung mengoordinasikan penempatan tato mereka dengan visibilitas. Beberapa bintik klasik berada di belakang telinga, tulang dada, dan area persendian seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan pinggul".

Tempat favorit pribadinya untuk tato kecil yang mengalir dengan baik adalah di lengan, sisi leher, bagian atas kaki, pinggul, di atas lutut, dan paha belakang bagian atas.

Baca juga: 125 seniman tato ramaikan ajang internasional Bali Tattoo Expo 2023


5. Biarkan perhiasan anda menginspirasi keputusan
​​​​​​​
Tato adalah bentuk perhiasan permanen yang memungkinkan Anda menghiasi tubuh sesuai pilihan. Ghinko mengatakan perhiasan itu sendiri terinspirasi untuk mengalir bersama tubuh, sebagaimana seharusnya tato.

"Saya cenderung tertarik pada tempat-tempat yang halus namun menarik perhatian yang berbeda dari orang ke orang, tergantung pada pakaian atau profesi mereka," tambahnya.

Penempatan yang cocok untuk satu orang, seperti tato yang terlihat dari bagian atas kaus seperti kalung, mungkin tidak cocok untuk orang lain yang lebih menyukai tato yang meniru gelang. Itu tergantung pada preferensi pribadi.

Baca juga: Fan Argentina antre untuk dapatkan tato Messi

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023