Kota Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mulai melipat sebanyak 281.486 lembar surat suara untuk calon pasangan presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Untuk surat suara pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Kota Bengkulu sebanyak 275.967 lembar dan ditambah 2 persen atau 5.519 surat suara cadangan.

"Pelipatan surat suara mulai kita lakukan hari ini, dan ditargetkan akan selesai tiga hari ke depan adapun petugas pelipatan kurang lebih 25 orang," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad di Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan, pelipatan surat suara tersebut dilakukan oleh petugas KPU Kota Bengkulu dan sejumlah petugas dari luar yang profesional.
 
Pada proses pelipatan tersebut, pihaknya juga diawasi oleh pihak terkait seperti pihak kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu guna memastikan pelaksanaan pelipatan surat suara sesuai dengan prosedur.
 
"Petugas pelipatan ini merupakan petugas yang profesional sehingga dipastikan mereka mampu penyelesaian pelipatan sesuai dengan target," ujar dia.
 
Lanjut Rayendra, pada pelipatan hari pertama, pihaknya belum menemukan surat suara yang mengalami kerusakan dan jika pun nantinya ditemukan surat suara yang rusak maka pihaknya akan langsung melaporkan kepada KPU Provinsi Bengkulu.
 
Beberapa waktu lalu, KPU Kota Bengkulu menerima 275.967 lembar surat suara ditambah dua persen calon pasangan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024.
 
"Sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Bengkulu sebanyak 275.967 lembar surat suara dan dua persen diantaranya sebagai surat suara cadangan," terang Rayendra.
 
Sementara itu, untuk logistik surat suara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kota serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) saat ini masih dalam proses dan akan didistribusikan secara bertahap.
 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023