Kota Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menyebutkan pengemasan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah tersebut telah mencapai 98 persen.
 
"Dalam persiapan menyeluruh, KPU berfokus pada aspek logistik guna memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu di wilayah ini. Setidaknya dalam beberapa hari ke depan pengemasan logistik akan selesai," kata Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent di Bengkulu, Rabu.
 
Anggi mengatakan bahwa saat ini tim logistik KPU Kota Bengkulu terus bekerja keras untuk memastikan semua perlengkapan seperti surat suara, kotak suara, tinta, dan peralatan lainnya tersedia dan siap untuk distribusi ke tempat pemungutan suara (TPS).
 
Untuk distribusi logistik pemilu, kata dia, akan dilakukan 3 hari jelang pemilihan. Dalam hal ini, pihaknya masih menunggu arahan atau petunjuk lebih lanjut dari KPU RI.
 
"Semua pekerjaan pengemasan akan selesai dalam waktu dekat. Seterusnya kami akan melakukan pengecekan ulang guna memastikan semua logistik lengkap dan siap didistribusikan," ujar dia.
 
Dikatakan pula bahwa seluruh logistik untuk pemilu telah lengkap dan berada di gudang logistik.
 
"Semua logistik sudah kami terima dan sudah disortir, sedangkan untuk kekurangan surat suara sudah kami sampaikan ke KPU RI," katanya.
 
Untuk surat suara pengganti yang mengalami kerusakan dari KPU RI seperti surat suara Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebanyak 100 lembar, Pemilu Anggota DPRD Provinsi Bengkulu sebanyak 140 lembar, dan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tercatat 40 lembar telah berada di gudang logistik KPU Kota Bengkulu.
 
Anggi mengatakan bahwa pihaknya memastikan bahwa distribusi logistik 1 hari menjelang pemilihan dengan pengawasan dari pihak kepolisian dan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu.

"Hal tersebut untuk memastikan proses demokrasi dapat berjalan dengan baik," kata dia.

Baca juga: KPU Raja Ampat: Distribusi logistik ke daerah terjauh pada H-5
Baca juga: KPU Parigi libatkan aparat keamanan distribusi logistik TPS terpencil

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024