Tak hanya semakin memudahkan pelaku UMKM untuk 'go digital', namun juga dapat memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperluas pasar
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk tentang Pengembangan Pelayanan Publik dan Ekonomi Digital, Selasa.

Penandatanganan yang dilaksanakan di Shelter PKL Denggung Sleman tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama dengan Head Regional Sales Gojek Jateng & DIY Arfiansyah Arfi.

Kustini mengatakan inisiatif dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman bersama dengan Gojek ini bermanfaat untuk kedua pihak dan pelaku UMKM.

"Inovasi tak hanya semakin memudahkan para pelaku UMKM untuk dapat 'go digital', namun juga dapat memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi Gojek," katanya.

Ia berharap kesepakatan bersama ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi inklusif di Kabupaten Sleman.

Baca juga: Wabup Sleman: Festival Budaya Lereng Merapi memadukan pariwisata-UMKM

Baca juga: Dinkop UKM Sleman fasilitasi 130 pelaku usaha menengah ikuti pameran


Menurut dia, Kabupaten Sleman memiliki potensi besar untuk dikerjasamakan dengan pelaku usaha besar dan pelaku UMKM, dengan jumlah UMKM yang terdata hingga saat ini mencapai 109.693 UMKM.

"Diharapkan kesepakatan bersama ini menjadi awal baik dalam upaya sinergi antara Pemkab Sleman dan PT Goto Gojek Tbk untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Head Regional Sales Gojek Jateng & DIY Arfiansyah Arfi mengatakan kerja sama ini menjadi langkah strategis bagi Gojek di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Kami berterima kasih dengan kepercayaan yang diberikan Pemkab Sleman untuk melakukan pembinaan dan pengembangan komunitas UMKM di Kabupaten Sleman melalui pelatihan, fasilitas pemasaran dan promosi potensi unggulan daerah," katanya.

Baca juga: Sandiaga: TikTok-Tokopedia diharapkan beri dampak positif bagi UMKM

Baca juga: TikTok gandeng GoTo, Teten: Harus patuh regulasi dan lindungi UMKM

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023