Jakarta (ANTARA) -
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menyampaikan komitmen untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, dan Kejaksaan.

"Komitmen pemberantasan korupsi tentunya ada di dalam debat itu, termasuk penguatan tiga komponen, yaitu KPK, Polri, dan Kejaksaan," kata Dasco di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa malam.

Dasco ikut menghadiri debat perdana capres di Kantor KPU RI Jakarta.

Terkait isu hak asasi manusia (HAM), yang kerap dikaitkan dengan Prabowo Subianto, Dasco mengatakan hal itu bukan baru pertama kali diembuskan. Sehingga, dia menegaskan Prabowo-Gibran sudah siap dengan pertanyaan-pertanyaan soal itu yang mungkin disampaikan saat debat.

Dasco pun yakin debat perdana tersebut mampu mendongkrak elektabilitas Prabowo-Gibran, karena masyarakat akan mampu menilai secara lebih luas.

Baca juga: TKN sebut Prabowo dalami program kerja untuk hadapi debat perdana

Sementara itu, Prabowo-Gibran tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, sekira pukul 18.30 WIB untuk mengikuti debat capres-cawapres perdana Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran berangkat bersama-sama. Mereka turun dari mobil milik Prabowo yang berhenti tepat di depan gerbang utama KPU RI sekitar pukul 18.30 WIB.

Keduanya, yang kompak mengenakan atasan berwarna biru langit, langsung berjalan menuju lokasi debat pada panggung di halaman Gedung KPU RI.

Debat pertama Pilpres 2024, Selasa malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Baca juga: Ridwan Kamil sebut Prabowo akan beri kejutan saat debat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023