Jakarta (ANTARA) - Putra bungsu cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, Royhan Akbar, ikut nonton bareng debat capres-cawapres bersama dengan Relawan Sahabat Mahfud, bertempat di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Selasa.

Rohyan mengenakan sweater putih mengungkapkan antusiasnya dan meyakini pasangan Ganjar-Mahfud mampu unggul sepanjang debat.

“'Happy' (senang) ya, 'excited' (tertarik) banget karena kata orang-orang, Ganjar-Mahfud merupakan pasangan calon yang paling otentik di antara yang lain, jadi pasti unggul lah..,” ujar Rohyan dalam keterangan tertulis disiarkan di Jakarta, Selasa.

Dia mengaku dirinya ikut membantu menyiapkan materi untuk dipelajari Ayahnya menjelang debat cawapres nanti. Beberapa teman dan stakeholder kerap dihubunginya untuk meminta masukan untuk pasangan Ganjar-Mahfud.

“Kemudian saya sampaikan kepada Bapak untuk dipelajari,” tegas pria berusia 32 tahun ini.

Baca juga: TPN: Debat capres ibarat makanan sehari-hari Ganjar
Baca juga: Ganjar-Mahfud tiba di KPU untuk debat perdana

Royhan yang akrab disapa Ican ini hadir bersama sejumlah tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) seperti Islah Bahrawi, Savic Ali yang didapuk sebagai Direktur Komunikasi Online Tim Mahfud MD, dan Duke Arie.

Royhan satu-satunya anak yang mengikuti jejak Ayahnya karena mengambil jurusan hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Usai mendapat gelar sarjana hukum, kemudian dia melanjutkan program pascasarjana di Colombia University, Amerika Serikat.

Kini Royhan mengajar di Fakultas Hukum UGM dan bekerja di firma hukum internasional HHP Law Firm sebagai konsultan.

Pada debat ini, pasangan Ganjar-Mahfud tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) didampingi Yenny Wahid, Arsjad Rasjid, Andika Perkasa, Gatot Eddy Pramono, TGB Zainul Majdi, Olly Dondokambey, Denon Prawiraatmaja, Aria Bima.

Tidak hanya itu, sejumlah kiai kharismatik NU ikut mendampingi Ganjar-Mahfud. Ada KH Abuya Muhtadi (Banten), KH Musthofa Aqil Siroj (Cirebon), KH Idris Hamid (Pasuruan), KH Yasin Nawawi (Yogyakarta), KH Aafif Muhajir (Situbondo), KH Haris Sodaqoh (Semarang), KH Malhan Lirboyo, KH Encep Subandi (Tangerang), KH Hasan Basory (Garut), KH Ahmad Pujiono (Madiun). Terlihat juga beberapa artis seperti Denny Sumargo, Prilly Latuconsina, dan Vino Devanta.

Debat perdana ini berdurasi 120 menit yang dimulai pukul 19.00 WIB mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023