Surabaya (ANTARA News) - Marinir Wilayah Timur menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran di Indoor Sport Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Selasa, untuk meningkatkan kemampuan seni membaca Kitab Suci Alquran sekaligus menyemarakkan Ramadhan.

Kegiatan itu disaksikan Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Nuri A. Djatmika, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir M. Nadir, Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. Siswoyo Hari Santoso dan pengurus Jalasenastri Korcab Pasmar-1.

"MTQ itu diikuti 16 peserta yang berasal dari Brigif-1 Mar, Menkav-1 Mar, Menart-1 Mar, Menanpur-1 Mar, Kolatmar, Lanmar Surabaya, Yontaifib-1 Mar dan Yonmarhanlan V Surabaya," kata ketua panitia, Letkol Marinir Kusyuwono.

Ia mengatakan MTQ tingkat Marwiltim tersebut bertujuan untuk menggali potensi prajurit Korps Marinir dan Jalasenastri dalam seni membaca Kitab Suci Al Quran, sekaligus sebagai ajang seleksi untuk memilih Qori dan Qoriah peringkat satu dan dua untuk mewakili Marwiltim dalam MTQ tingkat Korps Marinir pada akhir Juli 2013.

"Bertindak selaku dewan juri, yaitu Ustadz H. Musta`in, Ustadz Usman dan Ustadz Muhammad Ajid yang sudah memiliki kemampuan dan kualifikasi tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Hasil dari MTQ Tingkat Marwiltim tahun 2013 untuk kategori qoriah juara pertama diraih Ny. Soleh dari Brigif-1 Marinir dengan nilai 84, lalu juara kedua diduduki Ny. Bambang dari Kolatmar dengan nilai 82 dan Ny. Edi Bambang dari Menart-1 Mar dengan nilai 82.

Untuk kategori qori, juara pertama diraih Pratu Mar Supriyadi dari Menart-1 Mar dengan nilai 93, juara kedua diduduki Praka Mar Ludi Kiarsoni dari Menkav-1 Mar dengan nilai 91, dan Koptu Mar Samsul Hadi harus puas sebagai juara ketiga dengan nilai 89.

Dalam waktu yang sama, Batalyon 464 Paskhas Malang menerima bantuan dana dari Bank Rakyat Indonesia Malang-Kawi Jawa Timur yang diserahkan secara langsung oleh Pimpinan Cabang BRI Malang-Kawi, Selaeman Tahe, kepada Danyon 464 Paskhas Letnan Kolonel Pasukan Joko Prasetyo di ruang lobi Mayon 464 Paskhas Wing II-Malang.

Dalam kesempatan itu, Danyon 464 Paskhas mengucapkan terima kasih kepada Bank Rakyat Indonesia yang telah mendukung program renovasi sarana gedung olah raga.

Sementara itu, Pimpinan Cabang (Pimcab) BRI Malang-Kawi juga menyampaikan rasa bangganya bisa melakukan kerja sama dengan satuan Paskhas, khususnya yang bermarkas di wilayah Malang. "Saya mengharapkan kerja sama seperti ini tidak terhenti hanya sampai disini saja," katanya.

Kerja sama yang dilakukan selama ini antara pihak BRI dan satuan Paskhas (batalyon atau Markas Wing II) antara lain, pembayaran gaji anggota, kredit pinjaman Briguna (kredit yang dikucurkan BRI khusus kepada anggota TNI dengan suku bunga terendah yakni 0,65 persen/ bulan), serta kerja sama Kredit Perumahan Rakyat bagi anggota Paskhas maupun TNI secara umum.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Wadanyon 464 Paskhas, Mayor Pasukan Firman Manurung, para pasi dan perwira lainnya serta anggota satuan.

(E011/M008)

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013