Mataram (ANTARA News) - Pemerintah kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan 2000 lampu lampion sambut pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional di daerah itu.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh di Mataram, Selasa, mengatakan 2000 lampu lampion itu dipasang di sepanjang jalan protokol di kota Mataram.

Mulai dari jalan Langko, jalan Airlangga, jalan Pejanggik hingga pendopo gubernur dan walikota. Kemudian, di jalan Udayana, tepatnya di lokasi venue utama penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional, yakni Masjid Islamic Center (IC).

"Titik sentral lampu lampion ini di berada di perempatan lampu merah Bank Indonesia atau depan Masjid Islamic Center," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini pemasangan tiang sebagai penyangga lampu lampu lampion sedang di kerjakan, sehingga nantinya pada saat pelaksanaan MTQ Nasional, jalan-jalan protokol di kota Mataram menjadi indah dan menarik serta menjadi daya tarik wisata di MTQ.

"Ini magnet kita untuk mempercantik suasana pada saat pelaksanaan MTQ Nasional," ujar Ahyar Abduh.

Selain pemasangan lampu lampion, kata Ahyar Abduh, pemerintah kota Mataram, terus berupaya memperindah dan mempercantik suasana kota Mataram. Hal ini dilakukan agar penyelenggaraan MTQ Nasional semakin semarak.

Mengingat, para kafilah yang akan hadir dalam pelaksanaan MTQ Nasional ke-26 itu, mencapai 5.000 orang dari 34 provinsi di Indonesia.

"Kita ingin penyelenggaraan MTQ Nasional bisa dikenang oleh masyarakat maupun para kafilah yang datang ke NTB," imbuhnya.

Terlebih lagi, lanjut Ahyar, kota Mataram saat ini di percaya menjadi tuan rumah berbagai event nasional, selain MTQ Nasional. Dadalm waktu dekat sudah menanti dilaksanakan, yakni peringatan Hari Anak Nasional yang rencananya akan di hadiri Presiden Joko Widodo.

Kemudian, penyelenggaraan pertemuan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi). Bahkan, Persatuan Artis Film Indonesia juga akan melaksanaan kongres di Mataram.

Sementara itu, terkait persiapan sarana dan prasarana MTQ Nasional. Ahyar Abduh menjamin seluruhnya akan siap sebelum penyelenggaraan. Meski saat ini secara keseluruhan arena MTQ Nasional sudah mencapi 80 persen.

"Kami yakin semuanya akan tuntas sesuai target. Bahkan, gubernur dan wakil gubernur NTB bersama kami terus mengawal persiapan MTQ. Termasuk, nanti sebelum penyelenggaraan MTQ akan ada rapat finalisasi persiapan. Sehingga, saat acara seluruhnya sudah siap," ucapnya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016