Mataram (ANTARA News) - Panitia Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVI segera mendatangkan dua unit mobil toilet dan dua tangki air yang akan ditempatkan di lslamic Center, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai lokasi acara pembukaan.

"Mobil toilet dan tangki air dari Surabaya itu untuk menambah mobil toilet yang sudah ada di Islamic Center saat ini karena jumlah peserta acara pembukaan mencapai ribuan orang," kata Wakil Ketua III Panitia MTQN XXVI, H Lalu Gita Aryadi, di Mataram, Sabtu.

Acara pembukaan MTQN XXVI di Islamic Center, Kota Mataram, dijadwalkan pada 30 Juli 2016, dan rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Gita mengatakan, properti kebersihan dari Surabaya itu menambah fasilitas yang sudah ada berupa empat mobil toilet 16 kamar, VIP dan umum yang berasal dari Pemkot Mataram, Biro Umum Setda NTB, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB.

Fasilitas umum tersebut akan ditempatkan di venue utama, lokasi expo dan tempat-tempat strategis pusat kerumunan massa.

Dinas Pekerjaan Umum NTB yang diberikan tanggung jawab dari sisi penyediaan infrastruktur fisik juga segera mendatangkan lima unit "hydrant" umum dari Surabaya.

"Itu hasil koordinasi kami dengan Dinas Pekerjaan Umum," ujar Asisten III Sekretariat Daerah NTB ini.

Dinas Pekerjaan Umum, kata dia, juga sudah menyiapkan 31 toilet VIP dan umum serta tempat wudhu di Islamic Center.

Ada juga delapan toilet di gedung pendidikan bagian barat Islamic Center.

Dinas Pekerjaan Umum juga akan membangun delapan unit toilet di seputaran Islamic Center, untuk memudahkan peserta yang berada di luar area inti acara pembukaan.

"Kami juga merenovasi toilet dan tempat wudhu di Masjid Raya Attaqwa Mataram, yang lokasinya relatif dekat dengan Islamic Center," ujarnya.

Dari sisi ketersediaan air bersih, kata Gita, PDAM Giri Menang-Mataram, menyatakan diri siap untuk bertanggung jawab terhadap masalah tersebut.

"Dirut PDAM siap mensuplai kebutuhan air bersih dengan menyiapkan tandon-tandon air dan pengerahan mobil tangki air," ucapnya.

Panitia MTQN, kata dia, terus berpacu dengan waktu. Berbagai persiapan terus dilakukan.

Kegiatan evaluasi, koordinasi dan upaya pengecekan akhir seluruh persiapan sudah dimatangkan.

"Jumat (15/7), Wakil Gubernur NTB H Muhamma Amin, memimpin rapat pleno persiapan MTQN di ruang rapat utama kantor gubernur dihadiri komandan korem dan segenap koordinator bidang dan pihak terkait lainnya," katanya.

Pewarta: Awaludin
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016