Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming video, Prime Video, mengambil bagian untuk ikut mempromosikan cerita-cerita menginspirasi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kepada audiens global.

Untuk menguatkan komitmen tersebut, Prime Video menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Nantinya Prime Video akan memperbanyak konten original dan eksklusif asal Indonesia untuk menunjukkan kisah-kisah menarik Indonesia pada dunia.

“Pencapaian ini, kesepahaman bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memperkuat komitmen kami untuk menampilkan talenta kreatif dan cerita Indonesia ke panggung global melalui Prime Video,” ujar Director Prime Video, Southeast Asia David Simonsen dalam keterangan persnya, Rabu.

Baca juga: Film "BTS: Yet to Come" bakal tayang mulai 9 November

Terkait dengan kerja sama konten eksklusif dan Original asal Indonesia nantinya akan ada 240 negara dan wilayah di seluruh dunia yang dapat menyaksikannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno turut mengapresiasi adanya kerja sama antara Prime Video yang ingin mengenalkan Indonesia lewat karya hasil industri kreatif.

"Kolaborasi dengan Prime Video bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada 200 juta pelanggan Prime Video yang tersebar di seluruh dunia, yang menunjukkan Indonesia sebagai pusat kreatif yang dinamis dan negara yang menarik di kancah internasional," kata Sandi.

Langkah mendukung industri kreatif Indonesia sebenarnya telah digencarkan Prime Video lewat berbagai inisiatif yang mendukung industri film lokal.

Misalnya pada September lalu, Prime Video mengumumkan daftar konten lokal yang ditayangkan hingga penghujung tahun 2023, yang terdiri atas 13 judul baru konten Indonesia eksklusif dan Original yang diluncurkan setiap minggu antara 5 Oktober-28 Desember 2023.

Baca juga: Berkenalan dengan karakter The Continental:From the World of John Wick

Termasuk di antaranya serial Original Indonesia pertama dari Prime Video "Comedy Island Indonesia" yang digarap melalui kolaborasi dengan Base Entertainment.

Serial yang merupakan perpaduan antara format scripted dan unscripted ini dikemas dalam enam episode, yang menawarkan tantangan komedi situasional yang unik dan kreatif.

Serial ini dibintangi sejumlah aktor dan komedian Indonesia ternama seperti Tora Sudiro, Asri Welas, Cinta Laura Kiehl, Nirina Zubir, Aming, Tretan Muslim, Dustin Tiffani, Mamang Osa, Uus, Onadio Leonardo, dan Muzakki Ramdhan.

Selain itu, Prime Video menghadirkan reboot acara game show Jepang ikonik "Takeshi’s Castle" yang dimeriahkan oleh para aktor pengisi suara lokal. Proses pengisian suara dipimpin oleh Fluxcup, pengisi suara internet sensasional dengan humor yang berakar kuat pada unsur komedi lokal.

Banyak juga komedian lokal yang telah mengikuti pelatihan lokakarya di acara-acara besar seperti Jakarta Film Week hingga Scene Indonesia.

Baca juga: Serial Prime "Sabtu Bersama Bapak" akan tayang di 240 negara

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023