langkah untuk menambah estetika
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memotong kabel udara di Jalan Wijaya I, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru untuk keamanan pejalan kaki.

"Kegiatan ini merupakan langkah untuk menambah estetika dan membuat Jakarta Selatan lebih tertata, aman dan nyaman," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Munjirin menjelaskan pemotongan dilakukan terhadap 75 kabel udara dari 19 operator dengan panjang kurang lebih satu kilometer yang membentang dari Jalan Iskandarsyah Raya hingga Jalan Wijaya I.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan, Hananto Krisnawardono menambahkan pihaknya bertahap memindahkan kabel bawah tanah dalam rangka sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT).

"Ini sebagai tindak lanjut selesainya penataan trotoar sekaligus material sistem sirkulasi (ducting).  Jadi, semua kabel masuk ke bawah dan sudah bisa beroperasi," ujar Hananto.

Baca juga: Penertiban kabel semrawut di Jakarta masih fokus di jalan raya

Kepala Seksi Prasarana Sarana Utilitas Kota Penerangan Jalan Umum (PSUKPJU) Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan Keli Widiarto menyebutkan, pihaknya mengerahkan 10 petugas dengan menggunakan dua mobil tangga dalam pemotongan kabel.

"Kegiatan ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan masyarakat khususnya pengguna jalan di Jalan Wijaya I wilayah Kelurahan Petogogan ini," kata Keli.

SJUT adalah program menempatkan jaringan utilitas seperti kabel fiber optik, PLN dan sejenisnya secara terpadu yang terletak di bawah permukaan tanah sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 69 Tahun 2020.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan bahwa penertiban kabel semrawut di Jakarta masih berfokus di jalan raya yang sudah memiliki kota utilitas (main hall).

Hal itu disampaikannya saat memimpin pemotongan 45 kabel fiber optik bersama Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga: Heru minta Apjatel beri perhatikan terkait kabel semrawut

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023