Nanning, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Dalam beberapa hari terakhir, instruktur TusCBEC membimbing 300 mahasiswa dari angkatan 2022 jurusan E-Commerce Lintas Batas di RCEP Industrial College of Cross-border E-commerce selama kunjungan mereka ke Nanning Comprehensive Bonded Zone untuk sesi "pelatihan berbasis skenario". Acara ini menggabungkan penjelasan teoritis dengan penyelidikan di lapangan, bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat langsung Nanning Comprehensive Bonded Zone, memahami mekanisme operasi dan operasi sebenarnya dari zona pengawasan khusus, sehingga meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang zona pengawasan khusus di Nanning Comprehensive Bonded Zone.

RCEP Industrial College of Cross-border E-commerce terletak di dalam Nanning Comprehensive Bonded Zone di Wilayah Otonom Zhuang Guangxi, dan dikenal sebagai perguruan tinggi industri e-commerce lintas batas pertama di China yang didirikan di dalam sebuah kawasan industri. Ini didirikan bersama oleh Guangxi International Business Vocational College (GXIBVC) dan Guangxi Tus-Innovation Cross-border E-commerce Co., Ltd. (TusCBEC) pada September 2020.

"Kampus bekerja dengan mitra seperti platform e-commerce lintas batas, perusahaan e-commerce lintas batas, dan perusahaan layanan pihak ketiga untuk bersama-sama mempelajari dan merumuskan program pembinaan bakat dan merancang dan mengembangkan kurikulum. Pada tahun 2022, jurusan E-Commerce Lintas Batas berhasil mendapatkan sertifikasi kualifikasi internasional ENIC dari Inggris," kata Deng Haitao, Dekan College of International Trade dari GXIBVC.

Sekolah ini bergantung pada rangkaian lengkap logistik lintas batas, gudang, rantai pasok impor dan ekspor, dan platform lainnya di dalam Kawasan Industri E-commerce Lintas Batas Nanning Comprehensive Bonded Zone, dan keuntungan sumber daya dari TusCBEC, dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendidikan berbasis skenario yang mendalam, guna terus menyediakan industri e-commerce lintas batas dengan bakat dan dukungan kecerdasan.

"Mahasiswa kampus mempelajari pengetahuan profesional dasar di kampus selama tahun pertama, kemudian menjalani pelatihan praktis di dalam Nanning Comprehensive Bonded Zone selama setahun penuh selama tahun kedua. Instruktur industri berpengalaman perusahaan kami mengajari mereka operasi platform e-commerce lintas batas, siaran langsung dan promosi, pembuatan video dan pengeditan, manajemen logistik lintas batas, dan pengetahuan kunci lainnya dari industri," jelas Ge Ronghe, Wakil Manajer Umum TusCBEC.

Saat ini, sekolah ini mempercepat langkahnya dalam pembinaan bakat e-commerce lintas batas. Telah terbentuk kerjasama dengan lebih dari 20 perguruan tinggi dan universitas di negara-negara ASEAN, mendirikan satu kampus Guihai Business College dan dua basis pelatihan fakultas terinternasionalisasi di Thailand, dengan satu standar kurikulum telah memperoleh sertifikasi oleh Kementerian Pendidikan Thailand, sehingga mewujudkan ekspor standar profesional dan standar kurikulum. Selain itu, satu standar kejuruan telah dimasukkan ke dalam sistem pendidikan kejuruan nasional Tanzania, dua proyek pengembangan standar kejuruan nasional telah disetujui di Tanzania, yang akan dimasukkan ke dalam sistem pendidikan kejuruan nasional negara tersebut.

Liu Jieying, Wakil Presiden sekolah, menjelaskan bahwa sekolah akan mendirikan tiga cabang luar negeri baru dari Guihai Business College, mengambil sikap aktif dalam menciptakan dataran inovasi pendidikan kejuruan di ASEAN, dan membentuk model "pengenalan, pembinaan mahasiswa, output" yang dapat dipertukarkan dari sumber daya pendidikan berkualitas tinggi bermitra dengan lembaga pendidikan serupa di negara-negara blok ASEAN. Pada tahun 2035, rencana sekolah ini adalah menyelesaikan pendirian sekolah kejuruan berkualitas tinggi dan klaster profesional berlevel tinggi yang dikenal karena orientasi perdagangan luar negeri, standar terkemuka di negara, dan pengaruh besar di wilayah China-ASEAN, sehingga memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan dalam hal bakat dan kecerdasan yang mendukung penyelesaian komunitas takdir bersama China-ASEAN dan zona perdagangan bebas China-ASEAN.



Sumber: Guangxi International Business Vocational College

Pewarta: Irvan Ariyana
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023