Kementerian telah menyiapkan kebijakan penting terkait pasar tunggal ASEAN,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan mempersiapkan produksi, daya saing dan ekonomi yang merata di seluruh kawasan menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015, kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Rabu.

"Kementerian telah menyiapkan kebijakan penting terkait pasar tunggal ASEAN," kata Gita saat menjadi pembicara dalam bincang-bincang tentang menyongsong ASEAN Economic Community 2015.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta itu dia mengatakan kebijakan yang dipersiapkan seperti pasar tunggal dan basis produksi terutama untuk produksi kategori ekspor.

Gita juga menekankan pentingnya masyarakat Indonesia dalam menyiapkan daya saing secara bersama-sama agar peluang MEA dapat dioptimalkan.

Selain itu, sektor nasional harus siap untuk menghadapi persaingan yang semakin tinggi di lingkungan pasar domestik.

Populasi ASEAN pada 2012 mencapai 617,68 juta jiwa dengan pendapatan domestik bruto 2,1 triliun dolar AS. Jumlah itu menunjukkan potensi besar ASEAN untuk digarap oleh investor.

"MEA harus dapat menjadi peluang Indonesia untuk memanfaatkan pasar ASEAN sekaligus sebagai basis produksi dan investasi," katanya.

Menurutnya, peluang itu terbuka luas bagi pengembangan industri di Indonesia.

"Indonesia merupakan negara produsen komoditi potensial dunia. Kita memiliki peluang mengembangkan produk potensial itu," kata Mendag.

Gita mengatakan setiap pemangku kepentingan harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik serta siap menghadapi tantangan yang muncul apabila Indonesia ingin berhasil dalam memandaatkan peluang yang ada.

"Seluruh pemangku kepentingan di tingkat elit politik, pemerintah, dunia usaha serta kalangan pendidikan harus bersatu padu menyebarkan informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat menghadapi MEA 2015," kata dia.
(A061/I007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013