Bekasi (ANTARA) - PT Wijaya Karya Industri Energi (WINNER) meluncurkan dua varian produk dari pemanas air tenaga surya/ Solar Water Heater (SWH) dengan penerapan inovasi teknologi yang terbaru.

Kedua produk tersebut yaitu WIKA Electric Water Heater (EWH) dan WIKA Smart Water Heater (WISH).

"Produk-produk seperti ini butuh suatu inovasi terus, dan WISH ini merupakan gambaran perkembangan teknologi, jadi kita bisa on-hand, kita bisa kontrol dari aplikasi di handphone," kata Direktur Utama WINNER Anung Caksono Adi dalam acara Distributor Meeting dan Peluncuran Produk 2023 di Bekasi, Kamis 14 Desember 2023.

Sebagai pemanas air tenaga surya, WIKA EWH terbaru mampu menampung 30 liter air hangat dengan konsumsi daya listrik hanya 300 watt. Hal itu menjadikan produk ini mampu menjaga ketersediaan air panas dengan hemat energi.

WIKA EWH 30-Liter juga menampilkan desain yang minimalis dan compact.

Dalam acara peluncuran produk itu, WINNER juga mengumumkan inovasi baru dari SWH, yakni WIKA Solar Water Smart Solar Water Heater (WISH).

WIKA Smart Solar Water Heater memiliki kapasitas penampungan air hangat 150 liter air hangat dengan temperatur maksimal 55 derajat celcius.

“Dibandingkan penggunaan pemanas air lain dengan menggunakan WISH, kita dapat menghemat listrik sebanyak 6,2 kWh perhari senilai dengan biaya listrik Rp3 juta per tahun,” ujar Anung.

Anung menjelaskan, yang menjadi pembeda antara WISH dan produk-produk sebelumnya yaitu adanya inovasi teknologi yang mana memungkinkan pengguna untuk mengendalikan pemanas air menggunakan gawai.

Dengan fitur real time water temperature, control on/off electric heater backup, maintenance schedule, melalui aplikasi WISH yang terserida di Google Play Store.

“Ini [WISH] untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap smart home system,” terangnya.

Di samping itu, WISH merupakan pemanas air tenaga surya karya anak bangsa pertama di Indonesia yang memiliki aplikasi Internet of Things (IoT). Produk tersebut diproduksi di dalam negeri dan menggunakan komponen-komponen dari Indonesia.

Anung menyampaikan bahwa setelah peluncuran, produk-produk baru itu rencananya akan mulai diproduksi dan dipasarkan dalam waktu 2-3 bulan ke depan.

Mass production mungkin kita dalam 2-3 bulan ke depan, kita akan persiapan, karena yang terpenting ini kan product knowledge dulu, meningkatkan awarness dulu. Kita akan coba dalam satu tahun itu 50-100 unit, untuk dua varian unit ini,” ujar Anung.

Lebih lanjut, Anung menilai inovasi-inovasi seperti WISH saat ini memang diperlukan mengingat perlunya pemanfaatan energi terbarukan, sekaligus berkontribusi membantu Indonesia mencapai target emisi nol karbon (net zero emission/NZE) pada 2060.

“Kami menyadari betul, kepedulian dari sisi global maupun di Indonesia bahwa green itu saat ini sudah mulai gencar. Betul-betul masif, itu juga di sisi baurannya sudah bergeser ke green. Kalau di PLN itu ada target di tahun 2025 untuk mencapai 23 persen renewable. Kami di WIKA punya tim ke arah situ. WINNER salah satu yang berkontribusi besar di sektor renewable,” jelasnya.

Melalui tagline terbaru ‘WISH for a better life,” WINNER memiliki misi mengajak masyarakat Indonesia untuk memakai produk dalam negeri yang hemat energi, ramah lingkungan, dengan mutu produk serta update dengan perkembangan teknologi.

Anung meyakini dengan peluncuran produk yang memanfaatkan teknologi dan juga mengadvokasi penghematan energi, merek WIKA Water Heater akan semakin menguatkan reputasi perusahaan ke depannya.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023