Jakarta (ANTARA) — PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dipercaya melaksanakan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Proyek ini akan dikerjakan dalam skema konsorsium oleh WIKA - BIT KSO, dengan porsi WIKA sebesar 70% dengan kontrak senilai Rp 586,20 Miliar.  

WIKA dipercaya untuk melanjutkan proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap 2 untuk melaksanakan finishing yang mencakup pekerjaan pengaspalan pada jalan, serta landscape yang dilengkapi dengan area khusus untuk para pejalan kaki dan pesepedah. 

“Ini menunjukan kepercayaan Kementerian PUPR terhadap WIKA yang mampu mendeliver project secara konsisten sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan dalam rangka pembangunan infrastruktur IKN,” ungkap Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito (BW)

Proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur tahap 2 ini sendiri merupakan paket lanjutan dari tahap 1 yang juga dikerjakan oleh WIKA dengan lingkup pembangunan struktur jalan dan jembatan, serta Multi-Utility Tunnel (MUT) yakni terowongan yang akan menampung semua jaringan pipa air hingga fiber optik dan kabel listrik di IKN. 

Agung BW menyampaikan bahwa sesuai dengan konsep green city, proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap 2 ini juga akan dilakukan penghijauan termasuk pemeliharaan tanaman. Limpasan air akan disaring lebih dulu oleh box control dan dialiri lewat MUT ke ground water tank sehingga air yang sudah bersih dari endapan sedimen tersebut dapat digunakan untuk penyiraman tanaman. 

Pembangunan proyek ini juga didukung oleh teknologi digital Building Information Modeling (BIM) Level 5D yang akan mempermudah pelaksanaan proyek serta menghindari potensi pekerjaan ulang, melalui visualisasinya yang lebih baik. 

Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur merupakan salah satu akses utama yang dibangun untuk mendukung konektivitas Ibu Kota Negara. Membentang sepanjang 3,27 km, Sumbu Timur akan menjadi akses penghubung pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024