Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI Richard Tampubolon yang baru dilantik mengatakan peningkatan prestasi olahraga taekwondo di kancah internasional menjadi fokus kerja utama bersama kepengurusan selama massa bakti 2023-2027.

"Kami ingin terus bekerja on the track dan fokus dalam pencapaian prestasi taekwondo di internasional," kata Richard dalam sambutannya seusai acara pengukuhan dan pelantikan Ketua Umum dan Pengurus PBTI masa bakti 2023-2027 di Jakarta, Jumat.

Ia meminta dukungan dari pihak Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan lainnya untuk bersama-sama membangun komunikasi dan memberikan arahan atau petunjuk agar PBTI terus bekerja maksimal dalam meningkatkan prestasi atlet taekwondo di Tanah Air.

Richard menyebutkan, salah satu prestasi terbaru olahraga taekwondo telah ditorehkan atlet taekwondo Indonesia Ni Kadek Heni yang meraih medali emas di kompetisi 5th Combaxx Asian Open Taekwondo Championship 2023 di Islamabad, Pakistan.

Atlet tersebut berangkat ke kompetisi dalam kondisi kaki kiri mengalami bengkak bahkan menggunakan kursi roda, namun berhasil mempersembahkan medali emas.

"Mental-mental bertanding seperti ini, karakter pantang menyerah harus kita munculkan terus pada atlet-atlet taekwondo kita ke depan," katanya.

Richard mengatakan, ke depan, PBTI bersiap menghadapi sejumlah kompetisi taekwondo di tingkat mancanegara seperti kualifikasi Olimpiade Paris 2024, dan SEA Games.

PBTI akan segera menggelar pelatihan terpusat nasional pada awal tahun 2024 yang dilakukan dengan dua konsep yaitu mempersiapkan atlet-atlet usia mudah dengan membentuk tim pemandu talenta (talent scouting).

"Sudah ada nama-nama (atlet) akan segera kami rapatkan, kami rumuskan, mana yang akan kami siapkan untuk proyeksi Olimpiade 2028," ujarnya.

Kemudian bagi atlet-atlet yang sudah senior atau kelas yang lebih tinggi namun masih menjadi favorit dan potensial akan disiapkan untuk berkompetisi pada SEA Games selanjutnya.

"Semoga konsep ini berhasil. Saya mengajak teman-teman pengurus, ini 'PR' kita, mari kita melangkah bersama, bahu-membahu, apa pun yang kita lakukan setelah pelantikan ini adalah fokusnya adalah prestasi olahraga taekwondo untuk nama baik Indonesia di dunia internasional," ujarnya.


Baca juga: PBTI pantau talenta-talenta muda taekwondo pada babak kualifikasi PON
Baca juga: Ni Kadek Heni raih medali emas Kejuaraan Asia Taekwondo di Pakistan
Baca juga: PBTI targetkan kirim tiga atlet ikuti kualifikasi Olimpiade di China

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023