Depok (ANTARA) - Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI) memberikan rekomendasi 5 Panca Naraya (harapan) tentang program hilirisasi kepada ketiga calon presiden (Capres) 2024.

"Panca Naraya yang merupakan hasil elaborasi dari para narasumber berpengalaman di bidangnya, adalah bekal yang diharapkan dapat menjadi perhatian untuk para Calon Presiden RI 2024 – 2029," kata Ketua Tim Rekomendasi Hilirisasi Iluni FTUI Tomy Suryatama di Kampus UI Depok, Jumat.

Kelima isi Panca Naraya dapat disarikan sebagai berikut ini, pertama membuat dan menjalankan rencana aksi industrialisasi berbasis SDA yang mengutamakan aspek kewilayahan dengan milestone yang terukur agar terwujudnya pembangunan berbasis ekonomi terpadu yang kompetitif, adil, berkelanjutan dan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat dan negara.

Kedua membentuk lembaga baru atau memperkuat kelembagaan yang sudah ada, dengan fungsi untuk menjaminkan pembangunan industrialisasi SDA sesuai dengan milestone yang telah ditetapkan dalam rencana aksi melalui koordinasi, penyelesaian hambatan dan sengketa, serta pengawasan berbasis jenjang kinerja kewilayahan (pusat – provisi – daerah).

Ketiga membangun sistem informasi industri berbasis SDA yang teritegrasi dengan kebijakan tata ruang, perizinan, keuangan/perpajakan, produksi, logistik, perdagangan, sosio kultural, dan lingkungan untuk menjamin transparansi/visibilitas, efisiensi dan akuntabiltas yang lebih baik.

Keempat memperkuat integritas dan kapasitas aparatur penegak hukum untuk penegakan hukum yang lebih tegas, adil dan efektif.

Kelima menjadikan inovasi, alih teknologi, pengembangan SDM, dan pelestarian lingkungan sebagai bagian integral dalam rencana investasi dan pelaksanaan pembangunan Industri berbasis SDA untuk memperoleh manfaat maksimal dan menjamin keberlanjutan.

Baca juga: FTUI pertemukan mahasiswa dan alumni dengan 30 perusahaan ternama
Baca juga: Mahasiswa FTUI ukir prestasi dalam kompetisi bisnis Unilever Global
Baca juga: FTUI produksi komponen bus listrik mandiri sebagai inovasi lingkungan

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023