Jakarta (ANTARA) - Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Bank DKI meraih penghargaan kategori Economic Development Initiatives dari IDX Channel pada Anugerah CSR IDX Channel 2023 bertajuk "Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation".

"Semalam (15/12), kami terima anugerahnya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Penghargaan ini, lanjut dia, karena perseroan dinilai mampu menerapkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui penyelenggaraan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bernama Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK)

"Kami memiliki fokus khusus pada inisiatif CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) yang bertujuan memberdayakan masyarakat lokal dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan serta peningkatan kualitas hidup," katanya.

Amirul menjelaskan bahwa sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank DKI turut menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan dan penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta.

Baca juga: Bank DKI salurkan alat bantu fisik bagi penyandang disabilitas

Ia menyampaikan bahwa Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK) merupakan program TJSL atau CSR unggulan Bank DKI yang telah dilaksanakan sejak 2014.

Program ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

JAKONIK memiliki sembilan kelompok anggota yang tersebar di sembilan wilayah rumah susun di Jakarta saat ini.

Anggota JAKONIK juga dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik dari hulu hingga hilir.

"Dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, penyedia sarana dan prasarana seperti pupuk, bibit dan peralatan," kata Amirul.

Baca juga: Bank DKI bersama OJK dan ILO kembangkan pembayaran digital

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menjelaskan bahwa keberhasilan TJSL dapat dilihat dari manfaat yang dihasilkan bagi masyarakat.

Sebagai TJSL unggulan Bank DKI, JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal.

Salah satu program CSR dalam bentuk nyata dukungan pemberdayaan UMKM di Jakarta adalah Bank DKI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan Kampung UMKM di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Dalam implementasinya, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM.

"Melalui program ini, Bank DKI berharap dapat meningkatkan pemahaman dan inklusi keuangan masyarakat lokal, maupun pengunjung Kepulauan Seribu," kata Arie.

Baca juga: Bank DKI tingkatkan strategi pengembangan bisnis secara digital

Anugerah CSR IDX Channel 2023 merupakan bentuk apresiasi dari IDX Channel kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja CSR yang unggul dan konsisten.

Tema bertajuk "Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation" bertujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang berdampak kepada bisnis, masyarakat dan lingkungan di masa perbaikan ekonomi.

Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian terdiri atas tiga aspek utama yaitu, aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang tanggung jawab sosial dan aspek "Good Corporate Governance" .

Terakhir, aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis.

Baca juga: Bank DKI dan Hebitren kuatkan ekonomi lingkungan pesantren


 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023