Martapura, Kalsel (ANTARA) - Tim Arema Malang membawa misi kemenangan agar terhindar dan keluar dari zona degradasi saat  menghadapi tuan rumah Barito Putera pada pertandingan pekan ke-23 Liga 1 Indonesia di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (17/12).

“Satu pertandingan terakhir musim 2023 sangat penting untuk menentukan masa depan Arema Malang, kami membutuhkan poin agar terhindar dari zona degradasi,” kata Pelatih Arema Malang Fernando Valente saat konferensi pers di Martapura, Kalsel, Sabtu.

Ia menyebutkan meski membawa misi kemenangan, namun Barito Putera adalah tim tangguh, apalagi jika bermain di kandang seperti biasanya tampil mendominasi.

“Kami harus bekerja lebih keras, kami harus lebih berhati-hati mengantisipasi penyerang milik Barito Putera,” ujar Fernando.

Dia mengungkapkan salah satu upaya yang harus dilakukan skuadnya adalah menghentikan kecepatan pemain depan tim tuan rumah, pada beberapa momen harus cepat memanfaatkan serangan balik untuk menciptakan gol.

Fernando menekankan Arema Malang membutuhkan poin agar terhindar dari zona degradasi. Kendati Barito Putera tidak tampil bagus pada laga terakhir, permainan di kandang Laskar Antasari itu harus di waspadai.
Pelatih Arema Malang Fernando Valente (kedua kiri) memberikan keterangan jelang laga tandang menghadapi Barito Putra, di Conference Room Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (16/12/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Oleh karena itu, beberapa evaluasi dilakukan mulai dari lini belakang, tengah, depan, hingga pemain cadangan dengan harapan skuad asuhannya mampu bermain lebih lepas dan fokus.

Menurut dia, Singo Edan, julukan Arema Malang, harus menunjukkan motivasi tinggi di lini pertahanan dan penyerang untuk menjaga keseimbangan pemain di lini tengah.

Saat ini, Arema Malang berada di juru kunci di posisi ke-16 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan mengoleksi 21 poin dari total pertandingan 22 kali, yakni lima kali menang, enam kali imbang, dan 11 kali menelan kekalahan.

Sedangkan Barito Putera berada diposisi kesembilan klasemen sementara dan mengemas 29 poin dari total pertandingan 22 kali, diantaranya tujuh kali menang, delapan kali imbang, dan tujuh kali mengalami kekalahan.

Sementara itu, Pemain Arema Malang Johan Alfarizi mengatakan skuadnya siap tampil mencuri poin di kandang Barito Putera.

“Kami datang dengan semangat dan motivasi tinggi, kami akan bekerja keras meraih kemenangan,” ujar Alfarizi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023