Jakarta (ANTARA) - Kelompok relawan yang baru menyatakan dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Profesional Kebangsaan Nasional (Prokabnas), menyatakan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 itu akan membawa perubahan untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua Relawan Prokabnas Walied mengatakan selain perubahan oleh pasangan calon itu, menurutnya perubahan juga harus dimulai dari diri masing-masing. Jika perubahan dimulai dari diri sendiri, maka hal itu akan mengalir ke lingkungan sekitar dan menjadi lebih baik.

"Kita harapkan perubahan baik tersebut juga menyongsong perubahan Indonesia Emas pada 2045 nanti, menjadi Indonesia yang jauh lebih baik ke depannya," ujar Walied saat deklarasi dukungan di Rumah Pemenangan Anies-Muhaimin, Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, perubahan itu tidak bisa dilakukan dengan hanya menunggu waktu, sebab perubahan itu harus diciptakan dengan memanfaatkan waktu.

Dia menjelaskan, Relawan Prokabnas itu terdiri dari beragam profesi, mulai dari dokter, praktisi hukum, mediator, tokoh masyarakat, tokoh agama, aktivis pemuda, pemengaruh, figur publik, hingga akademisi.

Sekelompok relawan dari berbagai profesi itu menurutnya menyadari bahwa Indonesia saat ini sedang menuju perubahan dan membutuhkan agen-agen dari perubahan.

"Sehingga kami semua yang menyadari memiliki potensi besar untuk menyongsong Indonesia emas berkumpul menjadi satu," kata Walied.

Sementara itu, Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Syaugi Alaydrus mengatakan sebetulnya banyak tokoh-tokoh yang mendukung perubahan. Namun hal itu, kata dia, hanya menunggu waktu untuk dikunjungi oleh Anies dan Muhaimin.

"Pasti ada tokoh-tokoh yang mendukung perubahan, jadi itu cara Pak Anies untuk mendekati masyarakat dan mendekati tokoh-tokoh," ujar Syaugi.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN: Dukungan relawan dapat gaungkan perubahan hingga pelosok
Baca juga: JPN "AMIN" fokus gaet pemilih perempuan di Jatim
Baca juga: Timnas tegaskan Abdul Somad bukan juru kampanye AMIN

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023