Pekanbaru (ANTARA) - Asosiasi guru-guru dan dosen Bahasa Inggris di Indonesia, The Association for the Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia (Teflin), Cabang Riau-Kepri meningkatkan kompetensi 110 guru Bahasa Inggris melalui kegiatan lokakarya di Pekanbaru.

"Sebanyak 110 peserta lokakarya itu berasal dari Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Teflin menghadirkan pembicara dari Monash University, Australia, Dr Raqib Chowdhury, yang hadir secara online dan offline itu," kata Ketua Lokakarya Afrianto Daud PhD dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Afrianto Daud, lokakarya digelar dengan tema "Continuous Professional Developmentn for English Teacher", selain dalam bentuk pemaparan materi, juga diskusi, tanya jawab, serta praktik teknik mengajar Bahasa Inggris dari narasumber.

Baca juga: UNP jadi tuan rumah Konferensi TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9

Ia menyebutkan melalui kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan dan skill baru dari guru-guru Bahasa Inggris di Riau sehingga guru-guru Bahasa Inggris di Riau terus memperbaharui kemampuan mereka sesuai dengan perkembangan terbaru dalam pengajaran Bahasa Inggris.

"Semoga guru-guru Bahasa Inggris terus meningkatkan profesionalisme dan kompetensi mereka di bidang pendidikan Bahasa Inggris. Guru itu mesti terus belajar. Guru-guru yang hebat adalah guru-guru yang tidak pernah berhenti belajar dan dengan terus belajar, guru-guru ini bisa terus mengajar," katanya.

Baca juga: EF gelar pelatihan bahasa Inggris di kawasan wisata Borobudur

Dengan demikian, kata dia, kegiatan ini bisa memberi kontribusi pada pengembangan profesionalisme guru dalam pendidikan Bahasa Inggris di Riau. "Semoga guru dan dosen Bahasa Inggris di Riau semakin mengenal Teflin karena Teflin adalah rumah kita, asosiasi tempat berkembang bersama sama. Semoga kegiatan ini menjadi promosi Teflin bagi anggota dan calon-calon anggota di Riau dan Kepri," ujarnya.

Teflin Cabang Riau-Kepri menggelar lokakarya internasional kali ini untuk kedua kalinya pada 2023. Sebelumnya pada tahun yang sama sudah digelar konferensi dengan menghadirkan banyak peserta.

Baca juga: EF Kids & Teens beri pelatihan guru bahasa Inggris di Labuan Bajo

Selain itu, Teflin Riau-Kepri juga melaksanakan kegiatan dengan guru-guru MGMP di sekolah-sekolah. Bagi guru-guru dan dosen Bahasa Inggris di Riau-Kepri yang ingin bergabung dengan Teflin bisa langsung mendaftar di website Teflin nasional.

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023