Pamekasan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, meraih penghargaan sebagai kabupaten inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2023 yang digelar di Jakarta pada 12 Desember 2023.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan Masrukin di Pamekasan, Sabtu, penghargaan itu diraih Pamekasan karena dinilai mampu melaksanakan sejumlah program inovatif yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Beberapa program yang dijalankan Pemkab Pamekasan yang dinilai inovatif di antaranya bantuan makanan bagi warga lanjut usia, mal pelayanan publik, program sapi bunting, dan satu tahun satu kelahiran," katanya.

Baca juga: Pemkab Pamekasan raih penghargaan bidang peternakan

Program lain yang dinilai layak mendapatkan apresiasi adalah pemberdayaan ekonomi melalui promosi sistematis, yakni mem-branding kendaraan dinas dengan batik tulis khas kerajinan warga Pamekasan.

Program ini, lanjut Masrukin, dinilai sebagai salah satu program yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Pamekasan.

Program lain yang juga dinilai inovatif dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah program wirausaha baru (WUB). Kemendagri, lanjut dia, menilai program tersebut tidak hanya pada pelatihan tetapi juga pada pendampingan pascapelatihan seperti membantu pemasaran serta penyediaan modal usaha dengan bunga ringan bagi peserta program.

"Program-program inilah yang menjadikan Pamekasan mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten inovatif," kata Masrukin.

Baca juga: Pemkab Pamekasan latih seribuan orang calon wirausaha baru

Mendagri Tito Karnavian menyerahkan secara langsung penghargaan sebagai kabupaten inovatif kepada Pemkab Pamekasan yang digelar pada 12 Desember 2023 di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C lantai 3 Kemendagri, di Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.

Menurut Masrukin, ada 10 kabupaten di Indonesia yang mendapatkan penghargaan yang sama, yakni Kabupaten Wonogiri, Banyuwangi, Situbondo, Sragen, Bogor, Bangka, Tabalong, Padang Pariaman, dan Temanggung.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan program yang telah dicanangkan Pemkab Pamekasan selama ini.

Baca juga: Pemkab Pamekasan alokasikan Rp5 miliar untuk pembangunan KIHT

"Penghargaan ini sebagai motivasi bagi kami untuk bekerja lebih giat lagi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pamekasan," katanya.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023