Semangat persaudaraan antara satu sama lain sangatlah penting sehingga dalam perjalanan bersama-sama kita membangun persaudaraan...
Kupang (ANTARA) - Uskup Agung Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Mgr Petrus Turang Pr mengingatkan seluruh umat Katolik di wilayah Keuskupan Agung Kupang untuk terus menggelorakan semangat persaudaraan dan cinta kasih dalam kehidupan bermasyarakat.

"Semangat persaudaraan antara satu sama lain sangatlah penting sehingga dalam perjalanan bersama-sama kita membangun persaudaraan untuk menyebarkan nilai-nilai kerajaan Allah dalam dunia ini, yaitu kebenaran, keadilan, kejujuran, cinta kasih, sehingga setiap orang mendapat sentuhan yang benar tentang martabatnya," kata Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr dalam kegiatan pemberkatan Gereja Kristus Raja Katedral Kupang di Kota Kupang, Senin.

Pentahbisan Gereja Kristus Raja Katedral Kupang dilakukan setelah bangunan gereja itu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja ke NTT pada 6 Desember 2023. 

Pembangunan Gereja Kristus Raja Katedral Kupang yang rusak akibat terjangan badai siklon tropis Seroja pada 4 April 2021 dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp24,08 miliar.

Baca juga: Presiden RI harap Gereja Katedral di Kupang jadi ruang dialog bangsa

Gereja Kristus Raja Katedral Kupang pertama kali dibangun pada 1962. Setelah rusak akibat terjangan Siklon Tropis Seroja, pembangunan Gereja Katedral yang bernaung di bawah Keuskupan Agung Kupang ini dilakukan melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, sejak Maret 2022. 

Lingkup pekerjaannya mencakup konstruksi bangunan gereja, bangunan sekretariat Paroki, menara lonceng, ruang panel dan genset, Goa Maria, bangunan makam, pagar, penataan halaman, mekanikal elektrikal, dan lansekap.

Uskup Mgr Petrus Turang Pr di hadapan ratusan umat dan para pastor serta suster di Keuskupan Agung Kupang mengatakan Allah telah mempersiapkan tempat yang khusus untuk kehadiran Allah, dimana semua yang berhubungan dengan pernyataan kebaikan Allah bagi umatnya.

Ia mengatakan kehadiran sebuah gereja secara khusus menjadi tempat berjumpa dengan Allah untuk bisa berkomunikasi dan berdialog serta membuat percakapan dengan umat yang berdoa.

Ia mengatakan umat Katolik di wilayah Keuskupan Agung Kupang meliputi Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Alor. 

Baca juga: Menteri PUPR desak pembangunan Katedral Kupang dipercepat

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023