KUA Menteng salah satu KUA yang ditunjuk oleh Kementerian Agama untuk berkolaborasi dengan BSI Maslahat dalam program pemberdayaan ekonomi umat
Jakarta (ANTARA) - BSI Maslahat menggelar lokakarya (workshop) peningkatan kapasitas pendamping usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kepada penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Menteng Jakarta Pusat.

Lokakarya tersebut merupakan bagian dari program kolaborasi BSI Maslahat dengan KUA Menteng dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat yang diinisiasi oleh Kementerian Agama.

“KUA Menteng merupakan salah satu KUA yang ditunjuk oleh Kementerian Agama untuk berkolaborasi dengan BSI Maslahat dalam program pemberdayaan ekonomi umat. Sebagai tahap awal, kami menyelenggarakan workshop ini untuk meningkatkan kapasitas pendamping UMKM di KUA Menteng,” kata Direktur Care Program BSI Maslahat Ilham Syahputra di Jakarta, Senin.

Penyelenggaraan lokakarya menyasar peningkatan sikap, pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam melakukan pendampingan UMKM secara efektif.

Dalam lokakarya tersebut, BSI Maslahat memberikan beragam materi yang secara khusus membahas pendampingan UMKM. Materi lokakarya mencakup berbagai topik terkait kewirausahaan, manajemen dan pendampingan UMKM, seperti filosofi pemberdayaan, model bisnis canvas, manajemen pemasaran UMKM, budgeting UMKM, hingga teknis pendampingan dan pelaporan.

Dengan demikian, diharapkan para penyuluh KUA Menteng dapat menjadi pendamping UMKM yang andal di lingkungan mereka masing-masing.

Baca juga: BSI memperkuat literasi keuangan syariah lewat beasiswa pendidikan

Baca juga: BSI Maslahat salurkan bantuan senilai Rp1 miliar untuk Palestina


Sementara itu, Kepala KUA Menteng Thowilan mengatakan lokakarya tersebut memberikan manfaat kepada para penyuluh KUA Menteng.

Dengan diselenggarakannya lokakarya itu, para penyuluh KUA Menteng memiliki kapasitas yang lebih baik sebagai pendamping UMKM.

Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai penyuluh KUA Menteng,” ujar Thowilan.

BSI Maslahat adalah lembaga Zakat mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). BSI Maslahat memiliki tujuan menguatkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

Baca juga: BSI Maslahat tebar kebaikan total Rp7,9 miliar selama Ramadhan

Baca juga: BSM Umat bertransformasi jadi BSI Maslahat


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023