Manokwari (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Manokwari, Papua Barat, menyiagakan 50 personel SAR khusus selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"SAR khusus Natal dan tahun baru dilaksanakan mulai dari 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024," kata Kepala Kantor Basarnas Manokwari I Wayan Suyatna pada apel pembukaan siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Manokwari, Senin.

Basarnas, kata dia, berkomitmen mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi melalui kesiapsiagaan personel dan seluruh peralatan operasi SAR.

Baca juga: Basarnas Manokwari tingkatkan efektifitas penyelamatan di perairan

Puluhan personel tersebut nantinya disebar ke sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian seperti bandar udara, pelabuhan, dan tempat-tempat wisata.

"Peralatan darat, air, alat komunikasi, dan semua personel kami siagakan 24 jam," ujar Wayan.

Ia menuturkan siaga khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 juga dilakukan pada Pos SAR Teluk Bintuni dan Unit Siaga SAR Teluk Wondama yang merupakan wilayah kerja Basarnas Manokwari.

Baca juga: Polda-Basarnas siagakan personel SAR di Manokwari

Basarnas juga membutuhkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk memberikan informasi jika mengetahui ada kejadian kecelakaan darat maupun laut.

"Posko induknya ada di Kantor SAR Manokwari. Siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serentak di seluruh Indonesia," kata Wayan.

Ia mengimbau seluruh masyarakat terutama nelayan agar tetap mewaspadai perubahan cuaca yang terjadi ketika melakukan aktivitas pencarian ikan.

Baca juga: Basarnas siaga SAR khusus di Labuan Bajo jelang libur akhir tahun

Cuaca ekstrem menjadi faktor utama banyak terjadi kecelakaan laut akibat angin kencang dan gelombang yang tinggi.

"Personel SAR harus selalu siap bilamana terjadi kecelakaan atau kondisi yang membahayakan manusia," tutur Wayan Suyatna.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023