Kami menyiagakan tiga kapal negara untuk menjamin keamanan dan keselamatan pemudik Natal dan tahun baru....
Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengerahkan tiga kapal negara untuk mengawasi pelayaran angkutan laut selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Kami menyiagakan tiga kapal negara untuk menjamin keamanan dan keselamatan pemudik Natal dan tahun baru di wilayah perairan Kalimantan Selatan,” kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Senin.

Ia menyebutkan tiga kapal negara itu adalah KNP 363, KNP 382, dan KNP 5222.

“Selain untuk mengawasi keselamatan pelayaran, kami juga menyiapkan dua unit lagi kapal negara sebagai kapal cadangan pengangkut jika terjadi lonjakan pemudik,” ucapnya.

Baca juga: Kemenhub sediakan angkutan mudik kapal gratis 4.415 tiket

Dia menuturkan dua unit kapal cadangan itu, yakni KN Altair dan KN Kunyit yang disiagakan petugas Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin.

Agustinus berharap kapal cadangan yang disiapkan itu mampu mengakomodir tumpukan penumpang jika operator kapal tidak ada alternatif lain untuk menampung lonjakan pemudik.

Menurut dia, pengalaman pada tahun sebelumnya kerap terjadi lonjakan penumpang yang tidak bisa diakomodir, sehingga banyak penumpang menumpuk di pelabuhan.

Baca juga: Kemenhub pastikan kesiapan armada kapal terpenuhi

KSOP Kelas I Banjarmasin telah membuka posko koordinasi angkutan laut selama libur Natal dan tahun baru mulai 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

“Kami meminta pemudik tetap mengikuti tata tertib selama libur panjang Natal dan tahun baru demi keselamatan dan keamanan,” ujar Agustinus.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023