Jakarta (ANTARA) - Orang dewasa yang ingin tahu tentang vaksin apa saja perlu didapatkan demi terlindungi dari berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, maka bisa mengingat singkatan "HALO", kata Ketua Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Dr. dr. Sukamto Koesnoe, SpPD-KAI, FINASIM.
 
HALO merupakan akronim dari Health (kesehatan), Age (usia), Lifestyle (gaya hidup) dan Occupation (pekerjaan).
 
"H itu health, yaitu sedang hamil atau enggak. Kalau sedang hamil rekomendasi vaksinnya influenza, WHO juga menganjurkan, lalu COVID-19 di musim COVID-19," kata Sukamto di Jakarta, Senin (18/12).
 
Khusus untuk COVID-19, pada orang berusia lanjut dengan komorbid atau penyerta disarankan mendapat penguat lanjutan setiap enam bulan, lalu pada usia dewasa muda di atas 18 tahun dengan komorbid serta penyandang obesitas mendapat penguatan lanjutan tiap satu tahun.

Baca juga: Tak hanya anak, orang dewasa juga perlu imunisasi
 
Perempuan hamil disarankan mendapat penguat lanjutan pada waktu hamil, serta tenaga kesehatan dan petugas-petugas yang kerap berhubungan dengan pasien mendapat penguat lanjutan tiap satu tahun.
 
Selanjutnya, seseorang berusia di atas 19 tahun dan di bawah 45 tahun kini bisa mendapatkan vaksin dengue sebagai pencegahan terkena demam berdarah.
 
Khusus untuk dewasa, vaksin-vaksin lain yang direkomendasikan antara lain Vaksin pneumokokal PCV-13, yang semula diberikan mulai usia 50 tahun, kini bisa sejak usia 19 tahun demi mencegah mengalami pneumonia, lalu tetanus, difteri dan pertusis (sejak usia 19 tahun hingga di atas 60 tahun), Human Pappiloma Virus (HPV) dan Zoster. Kemudian vaksin yang juga direkomendasikan adalah Measles, Mumps dan Rubella (MMR), Hepatitis A dan B, Yellow Fever, Japanese Encephalitis (JE), Rabies dan Polio.

Baca juga: Vaksin dengue sudah ada, ini batas usia penerimanya
 
Soal L, yakni lifestyle atau gaya hidup, Sukamto menilai lingkungan pekerjaan, gaya hidup bisa memungkinkan seseorang tertular penyakit tertentu.
 
Dia mencontohkan orang yang naik gunung berhari-hari kemungkinan terkena luka tinggi, bisa terinfeksi kalau luka tidak dibersihkan dengan baik. Lalu apabila dia tidak punya antibodi terhadap tetanus, maka kemungkinan dapat terkena tetanus.
 
Demikian juga dengan orang yang sering bepergian ke luar negeri semisal Eropa atau Amerika yang kini memasuki musim influenza dan COVID-19, disarankan mendapatkan vaksin influenza dan COVID-19.
 
"Sebelum rekomendasi keluar dari Pemerintah tentang vaksin booster itu sebelumnya direkomendasikan orang yang bepergian silahkan divaksin COVID-19," tutur Sukamto.

Baca juga: Vaksin HPV paling optimal diberikan saat praremaja 
 
Berikutnya O yaitu occupation atau pekerjaan. Dewasa yang bekerja sebagai dokter atau wartawan, mungkin banyak bertemu orang dapat berisiko terkena influenza, lalu bekerja di luar ruangan sehingga dapat terkena demam berdarah sehingga direkomendasikan vaksin dengue dan influenza.
 
"Kalau kemudian ada komorbid kembali ke H, ada asma maka disarankan vaksin influenza dan pneumonia," kata Sukamto.
 
Dalam acara yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar PABDI Dr. dr. Sally A. Nasution, SpPD, KKV, FINASIM, FACP menambahkan saat ini sudah ada panduan vaksin bagi orang-orang dengan komorbid atau penyakit penyerta.
 
Mereka yang terkena gagal jantung kronik misalnya disarankan mendapatkan vaksin influenza karena bila mereka terkena influenza maka biasanya berlangsung berat.

Hingga saat ini vaksin dikatakan telah mencegah lebih dari 20 penyakit yang mengancam jiwa, membantu orang dari segala usia untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Vaksin juga memainkan peran penting untuk pencegahan dan pengendalian penyakit infeksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan vaksinasi dapat mencegah kurang lebih 2,5 juta kematian di dunia akibat penyakit menular setiap tahunnya, termasuk pada negara berkembang seperti Indonesia.

Imunisasi memiliki peran penting dalam memberikan proteksi terhadap penyakit tersebut dengan meningkatkan kekebalan spesifik sehingga dapat mengurangi angka kesakitan, mengurangi beratnya penyakit, perawatan di rumah sakit, komplikasi akibat penyakit, dan menurunkan angka
kematian.

Imunisasi penting tidak hanya bagi anak, namun, juga orang dewasa, bahkan mereka yang telah lanjut usia. Sebagian besar penyakit, kejadian rawat inap, angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi terjadi pada orang dewasa khususnya lansia.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023