Peshawar, Pakistan (ANTARA Newa) - Korban tewas akibat serangan bunuh diri kembar di satu pasar yang sibuk di Pakistan barat laut telah meningkat menjadi 52 orang, kata pejabat pada Sabtu.

Serangan Jumat di bazaar Parachinar, kota utama distrik suku Kurram di perbatasan Pakistan-Afghanistan yang paling mematikan untuk memukul negara selama bulan suci Ramadhan.

"Korban tewas akibat serangan bunuh diri telah meningkat menjadi 52," kata seorang pejabat senior pemerintah di Kurram, Riaz Mehsud, kepada AFP.

Sebelumnya, para pejabat telah menempatkan korban tewas 41.

"Kematian baru terjadi semalam", kata Mehsud, menambahkan bahwa lebih dari 150 orang lainnya terluka dalam serangan.

"Kami masih mengumpulkan data tentang orang-orang yang terluka karena banyak dari mereka telah dibawa ke Peshawar dan Kohat."

Sabir Hussain, kepala rumah sakit setempat juga mengkonfirmasi jumlah korban tewas baru.

Ledakan-ledakan itu membuat gerobak-gerobak terbang ketika pembeli membeli makanan untuk acara berbuka puasa saat matahari terbenam.

Pejabat pemerintahan Parachinar mengatakan kedua ledakan dilakukan oleh pembom bunuh diri, yang masuk ke pasar yang ramai.

"Kami menemukan banyak bagian tubuh, termasuk bagian dari pelaku bom bunuh diri. Ada h darah dan daging manusia di lokasi ledakan," kata Mehsud, Jumat.

Daerah mana pembom menyerang terutama dihuni oleh minoritas Syiah, tetapi para pejabat mengatakan mereka tidak bisa segera mengidentifikasi para korban.

Tidak ada pihak yang segera mengaku bertanggung jawab, tetapi serangan sering dilancarkan oleh Sunni garis keras terhadap kaum Syiah Pakistan, yang jumlahnya 20 persen dari 180 juta penduduk, sedang meningkat.

Kurram sering menjadi tempat kekerasan sektarian antara mayoritas Muslim Sunni Pakistan dan minoritas Syiah.

Negara ini memerangi pemberontakan dalam negeri yang dipimpin Taliban yang telah menewaskan ribuan warga sipil dan aparat keamanan sejak 2007.

Tentara Pakistan telah berjuang selama bertahun-tahun melawan pemberontak dalam negeri di daerah suku, yang Washington anggap sebagai pusat utama Taliban dan gerilyawan Al-Qaida merencanakan serangan terhadap Barat dan di Afghanistan.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013