Tangerang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang melakukan pengamanan 27 Warga Negara(WN)  Sri Lanka dari apartemen wilayah Kabupaten Tangerang karena meresahkan dan juga terbukti melakukan pelanggaran keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Rakha Sukma Purnama di Tangerang Selasa mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, 27 WN Sri Lanka tersebut melanggar UU Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian sehingga dibawa ke kantor imigrasi Tangerang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Dengan adanya laporan masyarakat, kami bersama Polres Tangerang Selatan melakukan pengawasan dan pengecekan dokumen dan kemudian membawanya ke kantor imigrasi untuk diperiksa" kata Rakha dalam keterangan pers kepada media di kantor Imigrasi Tangerang Selasa.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, diperoleh hasil yakni 15 orang melanggar Pasal 78 ayat (2) Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian dengan sanksi tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.

Lalu dua orang WN Sri Lanka setelah dilakukan pemeriksaan diduga melanggar Pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 dikenai tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.

Kemudian dua orang WN Sri Lanka lainnya setelah dilakukan pemeriksaan diduga melanggar Pasal 71 huruf (b) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dengan sanksi dipidana kurungan paling lama tiga bulan atau pidana denda paling banyak dua puluh lima juta rupiah.

Terhadap delapan WNA Sri Lanka lainnya setelah dilakukan pemeriksaan diduga melanggar Pasal 75 Undang—Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.

"Pejabat imigrasi berwenang melakukan tindakan administratif keimigrasian terhadap orang asing yang berada di wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Dodot Adikoeswanto menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah menjadi mata dan telinga bagi Kemenkumham.

"Karena telah bersedia melaporkan keberadaan dan kegiatan orang asing yang meresahkan serta diduga telah melakukan pelanggaran hukum khususnya di wilayah Tangerang Raya," ujarnya.
Baca juga: Imigrasi Soetta proses hukum WNA pelanggar keimigrasian
Baca juga: Bareskrim tangkap seorang WNA pelaku penyelundupan 120 WN Sri Lanka
Baca juga: Bareskrim bekuk buronan penyelundup 120 WN Sri Lanka di Bekasi

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023