Jakarta (ANTARA) - Menjelang musim liburan yang semakin dekat, Airbnb mengungkapkan lokasi liburan favorit wisatawan asal Indonesia antara lain adalah Jakarta dan Bali untuk destinasi domestik dan Jepang untuk destinasi mancanegara.

Airbnb dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, mencatat wilayah Jawa Tengah, Bali, atau staycation di Jakarta merupakan destinasi yang paling banyak dipilih oleh wisatawan Indonesia. Sedangkan menilik destinasi global, negara Jepang menjadi destinasi teratas untuk wisatawan Indonesia.

Berkat pelonggaran pembatasan kunjungan oleh Jepang pada bulan Oktober 2022 lalu, tidak heran jika salah satu kota yang paling diminati di negara tersebut yaitu Osaka menjadi destinasi yang populer pada musim liburan kali ini. Sementara di lain sisi, banyak keluarga memilih untuk menghabiskan waktu bersantai dengan menjelajahi Tokyo.
 
Dream Mezzanine, Kuta Selatan. (ANTARA/HO/airbnb)


 Destinasi domestik populer di Indonesia

Tren perjalanan domestik menunjukkan bahwa para tamu ingin menginap di kota-kota ikonik, dekat dengan tempat wisata, dan pantai yang indah, terutama di daerah-daerah seperti Magelang (Borobudur), Jakarta, dan Bali. Berikut ini beberapa destinasi domestik yang populer di kalangan tamu Indonesia yang sedang naik daun untuk musim liburan yang akan datang.

- Borobudur, Magelang
- Tanah Abang, Jakarta
- Kuta Selatan, Bali
- Kebayoran Baru, Jakarta
- Jakarta Pusat, Jakarta
- Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta
- Kecamatan Ubud, Bali
- Ciwidey, West Java
- Batam, Kepulauan Riau
- Lombok, Nusa Tenggara Barat
 
Design Stay Ueno 31, Tokyo. (ANTARA/HO/airbnb)


Destinasi internasional populer

Pencarian penginapan Airbnb di Jepang juga mengalami lonjakan, terutama di Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Musim dingin adalah waktu terbaik untuk menjelajahi Jepang.

Pemandangan selama musim dingin memberikan pengalaman baru bagi yang terbiasa dengan pemandangan tropis di destinasi domestik. Beberapa destinasi internasional yang sedang populer saat ini sebagai berikut:

- Taito, Tokyo, Jepang
- Kyoto, Jepang
- Shinjuku, Tokyo, Jepang
- Osaka, Jepang
- Hong Kong
- Madrid, Spanyol
- Shibuya City, Tokyo, Jepang
- Sapporo, Hokkaido, Jepang
- Kuala Lumpur, Malaysia
- Khet Ratchathewi, Thailand

Baik bepergian sendiri, bersama keluarga, atau teman, kategori Airbnb yang dicari oleh orang Indonesia pada musim liburan ini, di antaranya kota ikonik, daerah tropis, kolam renang, pantai, dan taman nasional.

Baca juga: Empat kiat liburan akhir tahun nan hemat

Baca juga: Lima hotel yang ramah "anabul" untuk liburan akhir tahun

Baca juga: Ingin "magang" di Kantor Pos Sinterklas? Begini caranya

Baca juga: Rekomendasi tempat "staycation" keluarga, dari Bali hingga Melbourne

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023