panen cabai di Kebun Berseri, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memanen cabai di daerah itu sebagai salah satu upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami melaksanakan panen cabai di Kebun Berseri, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin di Jakarta, Rabu.

Munjirin mengatakan kegiatan panen cabai serentak juga dilakukan secara virtual oleh sejumlah provinsi di Indonesia, yang dipimpin oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Ada Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga melaksanakan panen," ucapnya.

Ia menyampaikan hasil panen di Kebun Berseri Bintaro yang memang sudah berdiri sejak 2018 sampai sekarang, nantinya dijual kepada warga yang ingin membeli baik secara langsung ataupun diantar ke rumah masing-masing.

Baca juga: DKI panen cabai dan luncurkan pangan murah jelang akhir tahun

"Sebanyak 250 kilogram cabai berhasil dipanen. Selain itu saya juga memanen beberapa sayur dan buah seperti kangkung juga terong," ujar Munjirin.

Munjirin mengungkapkan panen tersebut adalah salah satu upaya untuk menekan laju inflasi di Jakarta dengan sebuah gerakan menanam yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

"Kami juga memberi pembinaan kepada masyarakat, agar setiap rumah dapat menanam sayur mayur di tengah kota atau dikenal sebagai 'urban farming'," ungkapnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan panen cabai dan meluncurkan puluhan armada untuk Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai upaya memastikan stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
"Kepada seluruh wali kota dan bupati yang hadir dalam kegiatan panen massal ini, saya mengucapkan selamat (memanen). Kita akan panen dan mudah-mudahan ketahanan pangan terus stabil dan berkelanjutan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta Timur.

Baca juga: Pemprov DKI jamin stok pangan aman hingga akhir tahun
 
Usai panen cabai, Heru turut memantau harga bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pada kesempatan tersebut, Pemprov DKI turut melepas puluhan armada untuk GPM yang akan menjual produk berkualitas dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan harga terjangkau.

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023