ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami
Jakarta (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) kembali mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik Informatif pada kategori lembaga non-struktural oleh Komisi Informasi Pusat dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023.

“Kami berterima kasih kepada Komisi Informasi Pusat atas penganugerahan ini. Sangat di luar ekspektasi, dan ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami," ujar Kepala Kelompok Kerja Kerjasama, Hukum, dan Humas BRGM Didy Wurjanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Didy mengatakan, penghargaan yang diperoleh tersebut menjadi semangat bagi BRGM dalam mempertahankan serta meningkatkan nilai sebagai Badan Publik Informatif pada kesempatan berikutnya.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 yang diselenggarakan pada Selasa (19/12) juga turut dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Baca juga: Dukung Transparansi Pelayanan Informasi, Waskita Raih Predikat Badan Publik Informatif
Baca juga: WIKA Pertahankan Predikat sebagai Badan Publik Informatif


Wapres Ma'ruf menyampaikan, keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sekaligus menjadi penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi.

"Saya juga memiliki keyakinan bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Saya mengharapkan Komisi Informasi Pusat terus mendorong badan publik yang belum informatif agar meningkatkan kinerja," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro menjelaskan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun ini dilakukan kepada 369 badan publik dari seluruh kategori, yaitu kementerian, lembaga negara, dan lembaga pemerintah non-kementerian/lembaga/struktural, pemerintah provinsi, Badan Usaha Milik Negara, perguruan tinggi negeri, dan partai politik.

"Tahun ini, badan publik yang mendapatkan predikat informatif jumlahnya naik signifikan. Tahun 2022 lalu, hanya 122 badan publik dari 372 lembaga yang menerima kategori badan publik informatif. Tahun ini ada 369 lembaga yang berpartisipasi dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023," katanya.

Baca juga: PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Raih Penghargaan Badan Publik Kategori Informatif
Baca juga: KY raih predikat informatif dari Komisi Informasi Pusat


Ia memaparkan, ada 139 lembaga yang mendapatkan penganugerahan badan publik informatif, badan publik menuju informatif sejumlah 43 lembaga, 13 badan publik cukup informatif, 27 badan publik kurang informatif, dan 147 badan publik tidak informatif.

Predikat Badan Publik Informatif yang diterima oleh BRGM, merupakan sebuah pencapaian serta usaha dari berbagai pihak untuk mempertahankan predikat tersebut.

"Tentunya bukan proses yang tidak mudah untuk menerima predikat Badan Publik Informatif. Tahun 2021, BRGM masih termasuk ke dalam kategori badan publik dengan status Menuju Informatif, dan sejak tahun 2022, BRGM menerima penghargaan Badan Publik Informatif, yang merupakan kategori tertinggi dalam penganugerahan keterbukaan informasi publik," ucap Donny.

Baca juga: DPR raih penghargaan badan publik kategori informatif di KIP
Baca juga: Kemenkumham dinobatkan sebagai badan publik informatif oleh KIP
Baca juga: Kemenko Perekonomian pertahankan predikat Badan Publik Informatif

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023