Jakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta Ibnu Chuldun meminta pencapaian kinerja tahun 2023 terus ditingkatkan dengan mempertahankan citra positif institusi dalam bidang pelayanan agar kepercayaan masyarakat meningkat pada 2024.
 
"Kita berbenah bersama serta meningkatkan jalinan sinergi dan kolaborasi. Terus tingkatkan profesionalitas dan inovasi di bidang tugas masing-masing serta jaga citra positif diri maupun institusi agar kepercayaan masyarakat terus meningkat,” kata Ibnu saat acara refleksi akhir tahun kinerja Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta di Jakarta, Rabu.

Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta sepanjang 2023 dinilai telah mengendalikan pencapaian kinerja pada sembilan indikator pada penilaian kelembagaan sehingga meraih nilai rata-rata 97.

Pengendalian pencapaian kinerja merupakan langkah penting yang dilakukan oleh para kepala divisi di jajaran Kemenkumham DKI Jakarta untuk mengetahui sejauh mana kegiatan sudah dilaksanakan, dan apakah sudah sesuai target yang telah ditetapkan.

Sembilan indikator penilaian yang menjadi ukuran terdiri atas indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA), sistem monitor dan evaluasi kinerja terpadu (SMART), realisasi anggaran, sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), target kinerja triwulan III, tindak lanjut BPK semester I, pengelolaan barang milik negara, rencana kerja tahunan reformasi birokrasi dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP).

Menyongsong 2024, Ibnu menyebut pihaknya akan meluncurkan aplikasi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat terkait dengan bantuan dan penyuluhan hukum yaitu aplikasi 'Si-Ki Be Hai Luh Ban Kum'.

Aplikasi tersebut adalah pengembangan aplikasi sebelumnya 'Si Ki-Be Hai Penyuluh' dengan peningkatan fitur 'Kelurahan Sadar Hukum' dan 'Organisasi Bantuan Hukum (OBH)'.

Baca juga: Kemenkumham DKI libatkan pelajar di Jakut dalam pelatihan jurnalistik
Baca juga: Kemenkumham beri DKI dua penghargaan pada Hari HAM Sedunia ke-75

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023