jajaran Tim PORA memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan
Jakarta (ANTARA) - Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) DKI Jakarta dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta menjalin kerja sama memperketat pengawasan orang asing di wilayah DKI Jakarta menjelang Pemilu 2024.

"Antisipasi peningkatan volume keberadaan orang asing yang terkendala keterbatasan pengawasan baik administratif maupun lapangan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun dalam rapat koordinasi dengan Tim PORA di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu.

Ibnu dalam rakor bertajuk “Sinergi Tim PORA Dalam Rangka Pengawasan Orang Asing Menjelang Pemilu 2024 di Wilayah DKI Jakarta" menyebut jajaran Tim PORA memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan.

Terkait hal itu Ibnu berharap adanya peningkatan perbaikan pada sinergi dan kolaborasi pegawai lintas instansi pemerintahan yang terlibat di dalam tim tersebut.

"Semoga elemen pengawasan yang dibentuk dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran baik di bidang keimigrasian maupun di bidang hukum lainnya,” ujar Ibnu.
Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Fahrul Novry Azman dalam rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023). ANTARA/HO-Kemenkumham DKI


Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Fahrul Novry Azman menerangkan sasaran operasi pengawasan adalah keberadaan dan kegiatan orang asing yang dapat merugikan serta membahayakan keamanan dan ketertiban Indonesia. Khususnya pada kurun waktu persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi pada tahun 2024.

Pihaknya meningkatkan kewaspadaan dengan saling bertukar informasi terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing yang mencurigakan serta merangkum kemungkinan adanya orang asing yang memanfaatkan kemudahan untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.

"Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk mewujudkan sinergi dan kolaborasi lintas instansi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dengan saling bertukar informasi atas keberadaan dan kegiatan orang asing di DKI Jakarta menjelang Pemilu 2024," kata Fahrul yang sebelumnya  pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Depok periode 2021-2023.

Namun sinergi dan kolaborasi lintas instansi dalam mengawasi orang asing menjelang Pemilu 2024 di wilayah DKI Jakarta harus selalu berpedoman terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing kementerian dan lembaga.

Narasumber lain yang dihadirkan dalam rapat koordinasi yang digelar Rabu diantaranya Direktorat Jenderal Imigrasi Sub Koordinator Penyidikan Happy Reza Dipayuda dan Kementerian Luar Negeri RI Bidang Koordinator Fungsi Pengamanan Dalam Negeri Ahmad Fachruddin Hasan.

Selanjutnya Perwira Penghubung Komunitas Intelijen Daerah Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi DKI Jakarta Budi Rachmansyah, Kepala Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi DKI Jakarta Muhammad Tarmizi serta Kepala Divisi Keimigrasian dan anggota Tim PORA DKI Jakarta.
Baca juga: Kemenkumham DKI minta pegawai tingkatkan kinerja dan kompetensi
Baca juga: BPK minta masalah kelebihan penghuni di lapas dievaluasi
Baca juga: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta raih tujuh penghargaan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023